Pelatihan Keterampilan Merancang Soal Berbasis Teka-Teki Silang Online Bagi Guru SMA Kota Batu

Karnadi Utomoh
Sri Hariyani - [ https://orcid.org/0000-0003-0949-2825 ]
Timbul Yuwono
Tatik Retno Murniasih
Rahaju Rahaju
I Ketut Suastika


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.7608

Abstract


Salah satu cara alternatif untuk belajar secara efektif adalah penanaman konsep dengan menggunakan teka-teki silang (TTS) online. Untuk membuat soal numerasi berbasis TTS melalui internet, sebagian besar guru belum memiliki bekal kemampuan terkait fasilitasi teknologi untuk pembelajaran yang efektif bagi siswa. Situasi ini menjadikan siswa bosan dengan penyajian soal yang monoton. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberdayakan 24 guru matematika di Kota Batu tentang cara membuat soal TTS melalui software EclipseCrossword. Dalam pengabdian ini, diskusi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi kegiatan digunakan. Kegiatan pengabdian diadakan sebanyak dua kali pada setiap minggunya. Pada pertemuan pertama, soal-soal numerik dan kunci jawaban diberikan. Praktik membuat teks TTS menggunakan program EclipseCrossword dilakukan pada pertemuan kedua. Hasil pengamatan pengabdian menunjukkan bahwa guru sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Guru memiliki keterampilan yang lebih baik dan lebih mudah untuk membuat soal TTS online. Hasil angket menunjukkan bahwa guru puas dengan pelaksanaan kegiatan dan guru berharap program pengabdian dapat berlanjut untuk peningkatan kompetensi.


Article Metrics :

References


Afif, N. (2019). Pengajaran dan pembelajaran di era digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28.

Aribowo, E. K., & Purwanto, A. (2021). Pembuatan media pembelajaran berbasis smartphone memanfaatkan aplikasi quizlet, quizizz, dan perangkat lunak EclipseCrossword. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1125–1141. https://doi.org/10.30653/002.202164.1062.

Arifin, S., Hariyani, S., Pranyata, Y. I. P., Susilo, D. A. (2024). Pemanfaatan Potensi Produk Lokal Papua Barat Daya Melalui Pendampingan Pembuatan Kerupuk Sagu, Bantenes Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 104-113. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v6i1.8188

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184

Budiana, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2.

Farida, N., & Rahayu, S. (2017). Perbedaan pembelajaran melalui multimedia interaktif dan melalui buku teks terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV SDN Gadang 01 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 47-56. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1550.

Hariyani, S., Purwanto, H. L., Fayeldi, T. (2020). Aplikasi Janetra (Jasa Pijat Tuna Netra) untuk Penderita Cacat Netra. J-Adimas (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 8(2), 76-84. https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i2.1756.

Irawati, I., Haryati, I., & Meirawan, D. (2020). Efektifitas penggunaan aplikasi Eclipse Crossword (teka-teki silang) pada peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 56 Tolobali Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 4–13.http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/369%0Ahttp://ww w.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/download/369/254.

Khadijah, K., Astuti, W. W., Purnamasari, A. B., & Ahmad, F. (2017). Deskripsi kemampuan membuat soal interaktif mahasiswa guru di STKIP-PI Makassar. Saintifik, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.112

Krisyani, Hariyani, S., Suwanti, V. (2024). Analysis of Student’s Numeration Skills for Linear Equations material Based on Honey and Mumford’s Learning Style, Journal Numeracy, 11(2), 231-244. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2907

Kuncara, K. P., Farikah, F., & Mulyani, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran teka-teki silang online untuk meningkatkan kemampuan menyusun kalimat. Kabastra, 1(1), 41–48.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2017). Implementsi pemanfaatan media teka- teki silang (tts) online dalam matakuliah neurosains untuk mahasiswa guru Raudhatul Athfal. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 124–138. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1487.

Murniasih, T. R., Suwanti, V., Hima, L. R., Palayukan, H., & Sirajuddin, S. (2021). The development of a learning media using motion paths in the circle learning material. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 1- 8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012076.

Murniasih, T. R., Hariyani, S., Suwanti, V., & Faizah, S. (2022). Pelatihan Video Editing Pada Guru. Jurnal Martabe, 5(1), 45–50.

Murniasih, T. R., Farida, N., Rahaju, R., Suwanti, V., Patridina, E. P., Faizah, S., & Kristanto, A. (2023). Pelatihan Pengembangan Keterampilan Membuat Soal Berbasis Teka-Teki Silang Online Bagi Calon Guru. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 327-338.

Priyani, N. E. (2022). Improving scientific literacy through cooperative learning : EclipseCrossword for students in the border area of indonesia. jenius. Journal of Education Policy and Elementary Education Issues, 3(1), 12–24. Rohmawati, D., & Suhardi, A. (2022). Development of Eclipse Crossword Assisted Crossword Learning Media in Digestive System Materials in Junior High School. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21154/insecta.v3i1.3868

Rusydi, I. (2017). Peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan. Journal Warta, 53(1), 1689–1699.

Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, S. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Online Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. EdumatSains (Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains), 6(1), 207–218. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2959

Sari, S., Fallo, I. S., Qosim, A., Fuzita, M., Rustanto, H., Yane, S., Lauh, W. D.A., Abdillah, A., Cahyadi, A., Rahmat, A., Rusdi, R., Permana, A., Asmutiar, A., Sabransyah, M., & Wardhani, R. (2022). Pelatihan pelatih indoor dan field permainan hockey tingkat daerah provinsi Kalimantan Barat. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 493–499. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3286.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2020). Profil kemampuan literasi numerasi di masa pandemi cov-19. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 253–261. http://ejurnal.mercubuana- yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673.

Sulistiyarini, D., Bibi, S., Fatmawati, E., & Arpan, M. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif di SMP dan SMK mandiri Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 39– 46.

Sutisna, U., & Elkarimah, M. F. (2021). Pendampingan pengembangan keterampilan guru Sekolah Dasar dalam soal evaluasi pembelajaran dengan Teka-teki Silang berbasis smartphone. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 15–25.

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan media pembelajaran berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran jarak jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178.