Pemanfaatan Google Maps sebagai Strategi Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM Anyaman Bambu (Gedek) di Dusun Sambi Desa Simo

Bismi Nabila Azzahra
Dzatu Aliviatin Nuha
Carica Mahmud Dewi
Salwamia Valhani
Moya Naila Halim
Ima Nur Azizah
Sabiila Nur Syifa


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.7594

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, namun banyak diantaranya, terutama di daerah pedesaan, menghadapi tantangan dalam pemasaran produk. Salah satu cara untuk mengatasi kendala ini adalah dengan memanfaatkan teknologi digital, seperti Google Maps. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan Google Maps untuk strategi digitalisasi pemasaran UMKM Anyaman Bambu (Gedek) di Dusun Sambi, Desa Simo. Google Maps, dengan fitur Google My Bussines, memungkinkan pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka secara online melalui informasi usaha, lokasi, ulasan pelanggan, dan foto produk. Namun, banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan teknologi ini secara optimal. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini berupa pembuatan fitur Google My Bussines, dalam pemanfaatan Google Maps diharapkan dapat mengembangkan visibilitas produk UMKM, memperluas pemasaran, dan meningkatkan daya saing mereka. Hasil Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam transformasi digital UMKM di pedesaan.


Article Metrics :

References


Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU UMKM GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan Digitalisasi Marketing Desa Kebondalem melalui Aplikasi Google Maps: Upaya Meningkatkan Pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477–483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366

Hidayatullah, H. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA DIGITALISASI DI SMP SULTAN AGUNG SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. ADDABANA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 119–133. https://doi.org/10.47732/adb.v6i2.249

Hutagaol, A., Damanik, D. B. N., Saragih, J. R. S., Wijaya, M. F., Sitompul, R. S. M., Sugara, W. H., & Pratama, L. S. (2024). Analisis Pengaruh Digitalisasi Terhadap Umkm Di Kota Medan. Jurnal Ekuilnomi, 6(3), 729–738. https://doi.org/10.36985/kgvmq881

Rizki, C., Mulyati, E., Kurnia, K., Hardiana, B. N., Hidayat, R., Safitri, I., Busro, B., Apriyulianti, S., Agustina, B. R., & Rubiyanti, R. (2023). PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN DARI ANYAMAN BAMBU DI DESA BABUSSALAM KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.29303/interaktif.v3i1.63

Rohim, R., Erlinda, I., Sholihah, E. L., Firmansyah, F. R., & Andriani, F. (2022). Digitalisasi UMKM Melalui Pelatihan Google Maps dan Pemasaran Online. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 5(2), 14. https://doi.org/10.37849/mipi.v5i2.314

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Suparjiman, Iis Dewi Fitriani, Adi Pratama, Ahmad Nabil Quthb, Fakhri Fadhlurrahman, Iwan, F. S. D., Raden Achmad Muhammad Hisyam, Rani, Raquita Dibba, Santi Tria Mustika, Shintia Ledgeriana Hidyan, & Ziyan Dini Hunafa. (2024). Digitalisasi UMKM sebagai upaya peningkatan pemasaran online di Desa Sindangpanon. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(2), 391–398. https://doi.org/10.37373/bemas.v4i2.810

Walalayo, R., Manuputty, E. A. W., & Ufie, A. J. R. (2022). PEMANFAATAN GOOGLE MAPS DALAM MEMPROMOSIKAN OBJEK WISATA TEBING MAKARIKI NEGERI YAPUTIH KECAMATAN TEHORU KABUPATEN MALUKU TENGAH. 1(1).

Zabadi, F., Hanayanti, C. S., Rahmawati, R. R., & Madura, U. (n.d.). PEMANFAATAN GOOGLE-MAPS SEBAGAI BENTUK DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK UMKM DI DESA BUNDER. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11.