Membangun Motivasi Berbicara Bahasa Inggris Dengan Metode Bercerita Bagi Anak-Anak di Yayasan Rumah Singgah Anak Perempuan Garuda (RSAPG)

Endang Sondari
Yulia Sofiani
Dede Narawaty


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v12i2.6924

Abstract


Tim pengabdian masyarakat akan melaksanakan pengabdian masyarakat pada Semester Genap 2023-2024, dengan tujuan membantu anak-anak yang memerlukan latihan ekstra agar lebih cakap berbahasa Inggris, baik secara aktif maupun pasif, serta mengingat kosakata bahasa Inggris. Dalam rangka memberikan pelajaran dengan memberikan jam belajar tambahan di kelas Yayasan Garuda Girls' Shelter (RSAPG) di Jakarta Timur, yang beranggotakan remaja yang sebagian besar duduk di bangku SMP dan SMA, tim pengabdian masyarakat ini memberikan waktu tambahan untuk bergabung dengan tim RSAPG di wilayah tersebut. Permasalahan anak-anak ini, merupakan akibat dari terbatasnya kesempatan pendidikan mereka. Kami (tim) dapat memberikan solusi berupa keterampilan berbicara dan membangun motivasi mereka untuk berbicara bahasa Inggris. Anak-anak menunjukkan peningkatan pemahaman kosakata dan tata bahasa Inggris pada akhir kegiatan pengabdian masyarakat ini. Setelah itu, anak-anak memahami cara berbicara bahasa Inggris dan menyusun kalimat menggunakan tata bahasa yang tepat. Siswa juga senang berbicara dalam bahasa Inggris. Hasilnya, mereka menjadi tidak terlalu stres dan lebih termotivasi untuk belajar, khususnya cara berbicara dalam bahasa Inggris.

Kata kunci : pengabdian kepada masyarakat, Bahasa Inggris, berbicara, motivasi, anak-anak


Article Metrics :

References


Arunraj and Jackson. (2017), The physiology of ageing. https://doi.org/10.1016/j.mpmed.2016.10.008

Brewster, J and Ellin, G. 2002. The Primary English Teacher’s Guidance. New Edition. London: Pinguin English

Crowe Kathrin. (2011). The Case Study Approach. DOI:10.1186/1471-2288-11-100

Hughes, R. (2011) Teaching and Researching Speaking. 2nd Edition, Routledge, London. https://doi.org/10.4324/9781315833736

Iries dkk (2016) CRITICAL READING STRATEGIES, READING COMPREHENSION AND WRITING PERFORMANCE OF ESL COLLEGE STUDENTS: A CORRELATIONAL STUDY. 4(9):2320-5407DOI:10.21474/IJAR01/1526

Katz, S. (2015). Qualitative-Based Methodology to Teaching Qualitative Methodology in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 27(3), 352-363.

Kayi, H. (2012). Teaching speaking: Activities to promote speaking in a second language. The Internet TESL Journal., from http://unr.edu/homepage/hayriyek

Linse Caroline T dan Nunan David Nunan. (2005). Practical English Language Teaching: Young Learners. McGraw Hill

Mokhtar, N. H., Halim, M. F. A., & Kamarulzaman, S. Z. S. (2011). The effectiveness of storytelling in enhancing communicative skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 18, 163-169. https://core.ac.uk/download/pdf/82450422.pdf