Engklek Geometri: Upaya Pelestarian Permainan Tradisional Melalui Proses Pembelajaran Matematika Di Smp Muhammadiyah 4 Surabaya

Nur Isnaini Utami
Indah Kurnia
Lelly Octafiana
Himmatul Mursyidah


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v6i1.678

Abstract


ABSTRAK

Kemunculan gadget di era modern membuat mayoritas anak calon generasi penerus bangsa asyik memainkan gadget yang mereka miliki. Permainan tradisional warisan budaya Bangsa Indonesia semakin ditinggalkan. Salah satu permainan tradisional tersebut adalah permainan engklek. Upaya pelestarian dan pengenalan permainan tradisional engklek ini penting untuk dilakukan. Selain menjaga warisan budaya, nilai kebaikan serta manfaat dari permainan tradisional engklek akan diperoleh oleh anak-anak yang memainkannya. Salah satu upaya untuk melestarikan permainan engklek adalah dengan menjadikan permainan ini sebagai suatu media pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dengan media permainan akan sangat menyenangkan dan diminati oleh siswa. Adapun masyarakat sasaran dari program ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Sebagian besar siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti proses pembelajaran matematika karena penggunaan media pembelajaran di sekolah tersebut masih belum optimal. Selain itu, data terkait kuesioner permainan tradisional vs gadget menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya lebih sering memainkan gadget dan sudah jarang memainkan permainan tradisional khususnya permainan engklek. Memperhatikan permasalahan yang ada, dilakukan program pengabdian kepada masyarakat Engklek Geometri sebagai upaya pelestarian permainan tradisional melalui proses pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Tujuan dari program ini adalah untuk melestarikan warisan budaya Indonesia permainan tradisional engklek, serta meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika khususnya materi segiempat.

 

Kata kunci: Engklek Geometri, Matematika, Permainan Tradisional, Segiempat


Article Metrics :

References


Anonim. (2018, April 4). Permainan Tradisional. Retrieved May 28, 2018, from Poros Bumi: https://porosbumi.com/permainan-tradisional/#10_Permainan_Tradisional_EngklekDharmamulya, S. (2005). Permainan Tradisional Jawa.(Sumintarsih, Ed.) Yogyakarta: Kepel Press.Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.Bandung: CV Pustaka Setia.Hamzah,M. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.Mudlofir, A., & Rusydiyah, F. E. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.Zainal, V. R., Kamal, H., & Muhammad, N. (2014). The Economics of Education, Mengelola Pendidikan Secara Profesional untuk Meraih Mutu dengan Pendekatan Bisnis.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.