Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pendekatan Housewife Creative Terhadap Hasil Belimbing di Rejotangan Tulungagung

NOVITA EKA MULIAWATI


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v5i2.628

Abstract


Abstrak

 

Kegiatan pengabdian bagi masyarakat ini ditujukan bagi ibu rumah tangga di Rejotangan Tulungagung yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan berupa teori dan praktek dalam mengoptimalisasi hasil belimbing yang melimpah ruah di Rejotangan Tulungagung. Alasan utama diadakan kegiatan pengabdian massyarakat ini yaitu: mengoptimalkan hasil panen belimbing yang melimpah, karena ketika musim hujan dan musim buah lain bersamaan dengan buah belimbing, harga jualnya sangat rendah. Harga jual yang dimaksud harga jual belimbing hanya Rp. 500,- Per Kilogram. Kondisi Ini Ternyata Tidak Sebanding Dengan Biaya Yang Dikeluarkan untukperawatan dan pembelian pupuk. Bahkan, sampai tidak laku dan akhirnya buah belimbing yang kaya akan manfaat itu hanya dijadikan makanan ternak. Kondisi ini disebabkan kurang adanya pengetahuan dan motivasi untuk merubah kondisi yang sudah lama terjadi. Melihat kondisi tersebut tim pengabdian masyarakat STKIP PGRI Tulungagung memberikan solusi untuk mengoptimalkan hasil panen buah belimbing dengan memberikan pelatihan dan praktek langsung mengemas sederhana buah belimbing, membuat sari buah belimbing, dan membuat manisan buah belimbing. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diskusi, praktek langsung dalam mengemas sederhana buah belimbing. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan housewife creative yang sederhana dengan mengoptimalkan potensi kreativitas ibu-ibu rumah tangga di Rejotangan Tulungagung dalam membuat sari buah belimbing dan membuat manisan belimbing. Pelaksanaan Pelatihan merupakan pemberian informasi terkait cara mengemas sederhana buah belimbing agar memiliki nilai jual yang lebih dan informasi tentang manfaat buah belimbing bagi kesehatan sehingga bisa diolah menjadi saribuah belimbing dan manisan belimbing. Luaran Pengabdian ini adalah berupa artikel pengabdian kepada masyarakat serta produk yang dihasilkan yaitu hasil buah belimbing yang dikemas sederhana, sari buah belimbing, dan manisan belimbing.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan, Ibu Rumah Tangga, Housewife Creative

Article Metrics :

References


Baiquni. 2006. Pengelolaan Sumberdaya Pedesaan dan Strategi Penghidupan Rumah Tangga di DIY Masa Krisis (1998-2003). Disertasi: tidak diterbitkan.

Philippe, Fleury. 2008. Implementing Sustainable Agriculture and Rural Development in the European Alps. Mountain ReResearch and Development, Aug-Nov 2008, 28 3/4. Agriculture Journals, pg. 226.

Suparmoko. 1994. Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan. Yogyakarta: BPFE UGM.

Weaver, Robert D. 1996. Prosocial Behavior:Private Contributions Agricultures Impact On The Environment. Lands Economics, May72, 2, Agriculture Journals, pg. 231.