Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Kepada Pengusaha UMKM di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung

Nanis Hairunisya
Hari Subiyantoro


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v5i2.627

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan ketrampilan membuat laporan keuangan kepada pengusaha UMKM di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Metode pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini terutama menggunakan metode kegiatan action research. Tim pelaksana melakukan kegiatan pemberian materi sambil melakukan analisis untuk pemecahan masalah yang dihadapi. Metode pemberi materi dilakukan dengan ceramah, tanya jawab interkatif, demonstrasi dan penyelesaian kasus. Berdasar tanya jawab pada saat awal kegiatan terungkap bahwa kendala yang dihadapi dari mayoritas peserta pelatihan adalah keterbatasan modal, peralatan dan masalah pemasaran. Berdasar dari identifikasi awal ini maka pemberian pengetahuan dan ketrampilan tentang cara membuat laporan keuangan sangatlah tepat, karena dengan ketrampilan membuat laporan keuangan ini peserta diharap bisa membuat laporan keuangan perusahaannya, sehingga pengusaha bisa memperoleh dana pinjaman dari bank. Antusiame peserta untuk mengatasi kendala usahanya  sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya yang bertanya mengenai materi yang disampaikan. Melalui contoh-contoh transaksi yang sederhana, yang memang dialami oleh pengusaha dalam kegiatan usahanya, mereka mulai paham bagaimana mencatat dan membuat laporan keuangannya agar pihak perbank an yakin bahwa usaha mereka layak untuk didanai. Antusiasme terutama ditunjukkan oleh pengusaha-pengusaha muda yang masih baru menggeluti dunia usahanya. Ada beberapa harapan yang disampaikan oleh para peserta untuk melanjutkan kegiatan ini dengan materi pemasaran. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu untuk penyampaian materi, karena kegiatan ini digabung dengan pemberian materi tentang perijinan. Pendampingan dilakukan secara individu dan terpisah dari kegiatan pelatihan ini dan dilakukan setelah beberapa hari dari kegiatan pelatihan ini. Pendampingan dilakukan pada kelompok pengusaha jamur dan kelompok pengusaha makanan.

 

Kata Kunci: Pendampingan, Laporan Keuangan, Pengusaha UMKM

Article Metrics :

References


A.,Erhans dan Junaedi Yusuf. 2000. Akuntansi BerdasarkanPrinsip Akuntansi Indonesia. Jakarta: ErcontaraRajawali.

Ariefiansyah, Ryan dan Miyogi Margi utami. 2013.Membuat Laporan Keuangan Gampang. Jakarta:Dunia Cerdas.

Baskerville,L.R. (1999) Journal : Investigating Information System with Action Research, Association for Information Systems: Atlanta.

Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman Praktis MemahamiLaporan Keuangan. Yogyakarta: Andi Offset. Horne, Van, James C.,dan John M. Wachowicz Jr. 2002.Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan. Jakarta:Salemba Empat.

Davison, R. M., Martinsons, M. G., Kock N., (2004), Journal : Information Systems Journal : Principles of Canonical Action Research 14, 6586

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar AkuntansiKeuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik.Jakarta. Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

Martani, Dwi. 2011. SAK-ETAP. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nayla, Akifa, P. 2014. Komplet Akuntansi Untuk UKM dan Waralaba. Jakarta: Laksana.

Warsono, Dr. Sony, Endra M. Sagoro, M. Arsyadi Ridha, ArifDarmawan. (2010). Akuntansi UMKM TernyataMudah Dipahami dan Dipraktikkan. Jogyakarta:Asgard Chapter.

Madya, S, (2006) Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research), Alfabeta: Bandung.

Tim Penyusun. (2016), Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat (Edisi 2 tahun 2016), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Tulungagung, Agustus 2016