Pelatihan Penggunaan Integrated Skill Dalam Penguasaan Procedure Text Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren Putri Al Hidayah Termas-Nganjuk

UMDATUL KHOIROT


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v4i2.606

Abstract


Abstrak

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang paling banyak dipelajari oleh masyarakat di dunia. Maka, sangat perlu diadakan pengajaran yang simpel pada siswa, terutama siswa di pondok pesantren. Kami mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan Integrated Skill dalam penguasaan Procedure Text pada santri putri pondok pesantren Al Hidayah, dimana santri di pondok ini adalah siswa setingkat SLTP dan SLTA dari keluarga yang kurang mampu. Tujuan diadakannya pengabdian masyarakat adalah pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh penulis kepada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Metode yang dipilih dalam melaksanakan kegiatan ini adalah pelatihan bahasa Inggris secara terintegrasi kepada para santri putri di pondok pesantren putri Al Hidayah Termas, Nganjuk, sebagai upaya agar memliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih berkualitas. Oleh karena para santri putri sudah memiliki pengalaman belajar bahasa Inggris, maka kegiatan berupa in-service training. Langkah-langkah kegiatannya adalah: penyemaian informasi, pemberian model lisan, praktek penggunaan, pemberian model tertulis, praktek pembuatan procedure text secara tertulis. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para santri untuk menunjang mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah mereka. Karena, mereka harus melakukan unjuk kerja dan berdiskusi dalam kelompok untuk mempersiapkan unjuk kerja. Selain itu, mereka jadi lebih bisa percaya diri dengan adanya kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini banyak yang tidak sesuai rencana, tapi akhirnya bisa terlaksana dengan baik. Maka, kegiatan ini diharapkan ada tindak lanjut kegiatan sehingga para santri tidak hanya mampu dalam bidang agama, tetapi juga siap bersaing dalam era global ini.

Kata Kunci: integrated skill, procedure text, in-service training

Article Metrics :

References


Freeman, Donald. 2001. The Ca,bridge Guide to Teaching English to Speakers of Other Languages. Cambridge: Cambridge University Press.

Hadley, Alice Omaggio. 2001. Teaching Language in Context. USA: Heinle&Heinle.

Harmer, Jeremy. 1991. The Practice of english Language Teaching. New York: Longman.

Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.