Pemanfaatan Google-Maps Sebagai Bentuk Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Bunder

Fujiono Fujiono, Fairus Zabadi, Citra Siwi Hanayanti, Reny Rosalina Rahmawati

Abstract


Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM didalam memanfaatkan Google Maps sebagai bentuk digitalisasi pemasaran produk-produk UMKM di Desa Bunder. Melalui pengabdian ini, para pelaku UMKM telah memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh Google Maps, seperti penanda lokasi, ulasan pelanggan, dan informasi kontak. Selain itu, para pelaku UMKM dapat membuat profil bisnis mereka yang informatif dan menarik bagi calon konsumen. Penggunaan Google Maps juga memberikan keuntungan bagi para konsumen, mereka dapat menemukan produk atau jasa yang dibutuhkan dengan bantuan peta interaktif, serta melihat ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain. Adanya pengabdian ini juga telah membantu para pelaku UMKM melek digital. Kegiatan pendampingan atau pelatihan pembuatan Google MapsĀ  yang diadakan oleh tim pengabdian dengan mengikut-sertakan pelaku UMKM dan remaja desa telah menumbuhkan jiwa digital entrepreneur mereka ditengah-tengah kemajuan teknologi saat ini. Dengan adanya pelatihan tersebut, para pelaku UMKM dan remaja desa menyadari pentingnya Google Maps sebagai wadah jual beli didalam mempromosikan produk UMKM mereka sehingga mudah dijangkau dan diminati oleh masyarakat luas.

Kata kunci: Google Maps, Digitalisasi, UMKM.


References


Aushafina, N. H., & Wikartika, I. (2023). Pendampingan digitalisasi marketing Desa Kebondalem melalui aplikasi google maps: Upaya meningkatkan pengembangan UMKM. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 477-483. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.366

Rohim, Erlinda, I., Sholihah, E. L., Firmansyah, F. R., & Andriani, F. (2022). Digitalisasi UMKM melalui pelatihan google maps dan pemasaran online. Majalah Ilmiah: Pelita Ilmu, 5(2), 14-29. https://doi.org/10.37849/mipi.v5i2.314

Rindiyani, Nuzuli, A. K., & Oktaviana, W. (2023). Penggunaan aplikasi google maps sebagai media promosi UMKM di Nagari Batang Arah Tapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 246-250. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.155

Sukmawan, V. P., Ningsih, S. W., & Sonya, E. R. (2021). Digitalisasi lokasi UMKM warga RW 05 Pasir Biru. Paper disajikan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 01 Desember (hal. 57-67). https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/239

Yuniarti, T., Rizal, M. A., Bani, F. C. D., & Faujiyah, F. (2022). Digitalisasi pemasaran dalam upaya peningkatan penjualan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Mitra: Pusat Akses Kajian Mengabdi terhadap Masyarakat, 2(2), 121-126. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202




DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i2.4954

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i2.4954.g1765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fujiono Fujiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.