Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak

Herliany Nela Sari
Rina Dian Rahmawati
Moh. Shokhibul Izar Gian
Fifi Arika


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3684

Abstract


Teknologi informasi saat ini merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh remaja milenial, salah satu keahlian untuk meningkatkan kreativitas desain grafis melalui mata pelajaran yang dapat di selenggarakan oleh pihak sekolah. Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis (gambar) yang memberikan kebebasan kepada designer (perancang) untuk memilih,menciptakan atau mengatur elemen seperti ilustrasi, foto, tulisan. Metode pendekatan untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada skema ini menggunakan Service Learning (SL) yaitu menggunakan metode Diskusi dan tanya jawab yang dilaksanakan pada saat kegiatan pelatihan pembelajaran desain grafis di MTs Ar-Rosyidin. Dengan metode ini siswa dapat memahami dan mendesain dengan baik. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat pada skema Program Kemitraan Masyarakat di harapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Permasalahan yang berada di Mts Ar-Rosyidin adalah kurangnya minat siswa terhadap media desain grafis. Solusi yang diberikan agar siswa memiliki minat mengenai desain grafis adalah dapat melalui aplikasi canva, belajar menggunakan aplikasi tersebut dapat membuat siswa antusias dalam merancang suatu gambar.

Article Metrics :

References


Sakinah, L., Rahmawati, N., Salman, H., & Indorama, P. E. (2020). PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TINGKAT SMK DI SMKN 1 GUNUNG PUTRI BOGOR. 1(4), 476480.

Septiarini, A., Puspitasar, N., Gotama, Y. S., Bagus, S., & Chandra, E. (2022). PELATIHAN APLIKASI CANVA UNTUK MENDUKUNG KREATIVITAS KEMAMPUAN DESAIN BAGI SISWA SMAN 4 SAMARINDA. 2(2), 123128.

Widayanti, L., Kalalembang, A., Adhariyanty Rahayu, W., Yulia Riska, S., & Arya Sapoetra, Y. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 91102. https://doi.org/10.32815/jpm.v2i2.813

Wulandari, T., Mudinillah, A., Islam, A., Batusangkar, N., Tinggi, S., & Islam, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD. 2(1), 102118.