Media Pembelajaran Pop Up Book Bagi Guru SDN Rejosopinggir Jombang Sebagai Upaya Menumbuhkan Literasi

Ino Angga Putra
Suci Prihatiningtyas
Kartika Wulandari
Mohammad Nur Habiba
Mei Indrianah
Elvara Gita Cahya Ningrum


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v11i1.3556

Abstract


Kualitas pendidikan dapat dilihat dari budaya literasi di sekolahan tersebut. Literasi sangat penting ditanamkan pada Sekolah Dasar karena menambah kosa kata, mengoptimalkan kerja otak, menambah wawasan dan informasi baru, meningkatkan kemampuan interpersonal, mempertajam diri dalam menangkap makna dari suatu informasi yang sedang dibaca, mengembangkan kemampuan verbal, melatih kemampuan berfikir dan menganalisa, meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang, melatih dalam hal menulis dan merangkai kata-kata yang bermakna. peran guru sangat dibutuhkan dalam merancang pembelajaran, salah satunya dalam merancang media pembelajaran. Guru perlu merubah penggunaan media pembelajaran konvensional yang menggunakan alat peraga tradisional seperti gambar 2D, dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Salah satunya melalui pop up. Metode pendekatan Community Based Resarch (CBR).media pembelajaran Pop-Up Book dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru untuk mendukung geerakan literasi.Media pembelajaran Pop-Up Book layak digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar. Penggunaan media pembelajaran Pop-Up Book dapat dapat memberikan konsep real dalam bentuk gambar 3D kepada siswa serta meningkatkan minat baca dan antusias dari siswa sekolah dasar dalam melaksanakan kegiatan literasi baca dan tulis.

Kata kunci: media pembelajaran, pop up book, literasi


Article Metrics :

References


Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261268. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i1.329

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, A. P., Mawarsari, V. D., & Prihaswati, M. (2020). Pendampingan Guru Sains SD Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pop-up Book untuk Meningkatkan Literasi Baca Tulis. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 358-364.

Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336

Baiduri, Taufik, Elfiani. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Audio pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. Aksioma Jurnal, 8 (1), 248261.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), Article 3.

Fadzilah, F., Royana, I. F., & ... (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita. Jurnal Penelitian dan . https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/19258

Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140

Izza, I. (2022). Pengembangan Pop-up Book Sebagai Media Pembelajaran Literasi Membaca Kelas II SDN Cengkrong Pasuruan [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/37659/

Kemendikbud. (2010). Pedoman Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Manajemen pendidikan Dasar dan Menengah.

Maula, A. (2019). Penggunaan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Jatirenggo I Glagah Lamongan. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mulyati, S et al. (2021). Pelatihan dan Implementasi Pembuatan Media Buku Pop Up di Sekolah Dasar Negeri 03 Jombor Sukoharjo. Edumore: Journal of Community Service in Education, Vol.1, No.2 (2021)

Prima, E., & Lestari, P. I. (2022, February). Pelatihan Pembuatan Pop Up Book di Sekolah Dasar Negeri Panjer. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK) (Vol. 4, No. 1).).

Rosyidah, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan KSPPSAl-Amanah Sawocangkring Sidoarjo Menggunakan Metode CBR. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.519

Safitri, N. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbahan Dasar Kertas Bekas Berbasis Kreativitas Peserta Didik pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 3(1), 5157.

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 7181. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun dibanding Tahun 2015. 2, 12. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY

Wulanjani & Candradewi. 2019. Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26-31.