Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru SMP Negeri 1 Tulungagung

YATNO YATNO


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v1i1.318

Abstract


Secara umum, hasil pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah cukup baik dan reponsif, artinya
terdapat pemahaman para guru tentang profesinya, terutama dalam hal pemahaman penulisan/ pembuatan/
pelaksanaan PTK. Para guru SMP Negeri 25 Purworejo sangat tertarik untuk meningkatkan profesinya. Pernyataan ini
didukung oleh antusiasnya para guru dalam mengikuti dan mengajukan pertanyaan selama pelaksanaan kegiatan
pengabdian pada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, para guru mempunyai kehendak untuk melakukan
penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Di samping itu, para guru sudah dapat memahami
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang
Pengembangan Keprofesian Berlanjut (PKB) sebagai bekal untuk meningkatkan diri. Dalam pelaksanaan kegiatan
pengabdian pada masyarakat ini tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung dan penghambat keterlaksanaan kegiatan.
Faktor yang mendukung keterlaksanaan kegiatan ini adalah semangat para guru yang sangat tinggi dalam mengikuti
kegiatan dan juga semangat pengabdian tim dalam memberikan materi pelatihan. Terlepas dari faktor pendukung
tersebut, terdapat faktor penghambat yang dapat dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian pada
masyarakat di periode yang akan datang yaitu faktor waktu yang sangat terbatas.kendala ini dapat diatasi dengan
penggunaan alokasi waktu yang efisien dan efektif.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan kelas

Article Metrics :

References


Babang Robandi. 2008. Penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEDAGOGIK/196108141986031-

BABANG_ROBANDI/Makalah_Laporan_PTK_Babang.pdf. Basrowi. 2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Kediri: Jenggala Pustaka Utama.

Endang R Winarti. 2005. Usulan Penelitian Tindakan Kelas: Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Media Kartu dan Poster dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SD Sekaran 01 Semarang. Semarang: Unnes.

Mills G. E. 2000. Action Research: Guide for the Teacher Researcher. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196005051

-JUHANAINI/PENELITIAN_TINDAKAN_kELAS.pdf.

Suyono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Lampung: FKIP Universitas Lampung.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Setjen Depdiknas