PELATIHAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA DAN PROFESIONALISME CALON TKI MELALUI TEKNIK EVERYDAY.EVERYDAY RICH

Piping Rahadianto


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v3i2.301

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kemampuan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di area Gunung Budeg di Tulungagung khususnya pada bahasa Inggris melalui bentuk.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2014- 1 Oktober 2014 dengan diikuti 20 peserta. Pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah, parktik serta pembimbingan. Kemudian para peserta dituntut untuk mengikuti tes Bahasa Inggris pada akhir pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa TKI di Tulungagung masih membutuhkan pelatihan Bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bahasa inggris. Pelatihan mempunyai efektivitas dan efisiensi yang tinggi karena para guru dituntut untuk memahami Bahasa Inggris untuk penerepan sehari hari.

 

Kata Kunci: Bahasa Inggris, TKI


Article Metrics :

References


Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, metode, dan tekniknya. Jakarta; PT Grasindo Persada.

Modjo, L. 2014. Membangun Desa Wisata. Makalah.disampaikan pada Pelatihan Kepariwisataan dan Bahasa Inggris Praktis BagiRemaja dan Praktisi Pariwisata di Olele, Kec. Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.