PEMBERDAYAAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI KECAMATAN KEDUNGWARU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK YANG KREATIF

Hikmah Eva Trisnantari


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v2i1.295

Abstract


Pemberdayaan ini dilaksanakan dalam rangka untuk membantu sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan daya saing sekolah agar lebih diminati oleh masyarakat. PAUD Tunas Bangsa di desa Plosokandang merupakan pendidikan pra-sekolah yang mendapat dukungan dari masyarakat dan pemerintahan desa. PUD ini harus dikembangkan dengan baik agar mampu berkembang sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat untuk membekali nilai-nilai karakter bangsa pada peserta didik mulai dari usia pra-sekolah. Pemberdayaan dilaksanakan dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan kepada sekolah agar mampu tumbuh dan berkembang dengan baik. Pendampingan dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan agar dapat membantu PAUD Tunas Bangsa lebih maju dan berdaya saing. Sistem pembelajaran dilaksanakan dengan konsep enjoy learning agar anak merasa nyaman, tidak takut, tidak terbebani sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak.   Sistem nilai dirumuskan oleh sekolah untuk diajarkan, dibiasakan, dan dibudayakan di sekolah  maupun di rumah. Pembelajaran dan pembiasaan di rumah dapat dilaksanakan dengan baik, karena bekerja sama dengan orang tua untuk selalu membiasakan anak untuk berperilaku baik sesuai dengan karakter bangsa yang telah diajarkan di sekolah. Dengan adanya sinergi tanggung jawab pendidikan antara sekolah dan masyarakat mulai dari pendidikan di usia dini ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam membentuk karakter bagsa anak.

Full Text:

PDF Download

Article Metrics :