PEMERDAYAAN GURU-GURU MTs CAHAYA HARAPAN MELALUI KEGIATAN TRANSFER IPTEK E-MATHGOGY MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICT BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ratni Purwasih
Dedah Jumiatin
Usman Aripin


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i1.1617

Abstract


Indonesia saat ini memasuki era revolusi 4.0 dan post pandemic. Sistem pembelajaran sudah beralih ke dunia digital. Penemuan-penemuan di bidang IPTEK meningkatkan kualitas dan fleksibilitas proses pembelajaran. Perkembangan IPTEK yang sangat pesat dan canggih mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan ICT untuk mendesain suasana pembelajaran yang nyaman sehingga menghasilkan ouput yang terbaik. Guru diharapkan mampu memiliki keterampilan untuk memanfaatkan ICT dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa terutama kondisi pandemic covid-19 yang mengharuskan sekolah belajar melalui e-learning. E-MathGogy merupakan sistem pembelajaran melalui website untuk memfasilitasi interakis siswa dengan guru melalui dunia online di era digital ini. Di era revolusi 4.0 guru di tuntut mampu memiliki kemampuan mengadopsi dan memanfaatkan ICT sebagai sarana pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan guru menyampaikan materi ajar melalui E-MathGogy berbasis website penting di miliki. Mitra pengabdian ini adalah MTs Cahaya Harapan Cisarua. Peserta yang ada 25 orang. Pelaksanaan pengabdian pada bulan juli 2020 berlokasi di room meeting zoom Pro. Permasalahan yang dialami mitra diantaranya, guru-guru MTs Cahaya Harapan belum mampu melaksanakan pembelajaran melalui e-learning berbasis website dan belum ada buku atau petunjuk tentang e-learning berbasis website. Oleh karena itu, tujuan pengabdian Ini adalah untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di mitra tersebut. Hasil pengabdian ini adalah peserta mengalami peningkatan keterampilan dan pengetahuan sebesar 36.52%.

Kata kunci: Pemerdayaan Guru, ICT, Revlusi Industri 4.0

Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTKA

Fitriyani Y, Fauzi I , and Sari M Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), pp. 165-175.

Harahap, S.H. (2015). Pemanfaatan e-learning berbasis lcms moodle sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), pp.86-99.

Ismail, A. Ilyas. (2018). Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial, Jakarta: Prenadamedia Grup.

Purwasih, R., Aripin, U., & Jumiatin, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran E-Learning Berbasis Website Bagi Guru SMP Melalui Pendekatan Revolusi 4.0 Di Era Covid -19. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 1 (1), 100-167.

Purwasih, R., Aripin, U., Santana, F.D.T. (2019). Realistic Mathematic Worksheet Bagi Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khatulistiwa, 2(2), 70-77.

Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang .