PELAPORAN CLASSROOM BASED ACTION RESEARCH BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SIDAYU
Abstract
Guru harus melakukan peningkatan mutu pembelajaran secara terus menerus agar prestasi belajar peserta didik optimal. Untuk mewujudkan hal tersebut guru harus dibekali dengan kemampuan meneliti, khususnya Classroom Based Action Research.Sebagian besar guru SD di mitra Kecamatan Sidayu merasa kesulitan dalam membuat laporanClassroom Based Action Research. PKM ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman guru SD tentang pelaporanClassroom Based Action Research; (2) meningkatkan kreativitas guru dalam pelaporan Classroom Based Action Research. Mitra PKM ini adalah guru-guru di SD di mitra Kecamatan Sidayu. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dilaksanakan secara daring. Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dinilai cukup baik, ketercapaian tujuan pelatihan dinilai kurang baik, ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik, dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik.
Kata kunci:Classroom Based Action Research, pelaporanFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arifin, S. (2019). Pengembangan Modul Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Mahasiswa. Vidya Karya, 27(1), 55-62.
Catelli, L. A., Carlino, J., Petraglia, G., Godek, P., & Jackson, V. (2019). Collaborative Video-Based Action Research Studies to Assess Classroom Teaching Performances and Improve Educator Programs: A Model Research Approach. In Pre-Service and In-Service Teacher Education: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1003-1018). IGI Global.
Hamid A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah Jurnal Ilmu Keislaman Dan Kemasyarakatan; 17:2, 74 85.
Hunaepi, H., Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asyari, M. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Di Mts. Nw Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 38-40.
Indriyani, D. (2018). Meningkatkan Pemahaman Lambang Bilangan Melalui Fishing Game: Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas A TK Al-Hidayah Garut (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Mertler, C. A. (2019). Action research: Improving schools and empowering educators. SAGE Publications, Incorporated.
Ramlal, A., & Augustin, D. S. (2019). Engaging students in reflective writing: an action research project. Educational Action Research, 1-16.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Prenada Media