PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KARYA TULIS BAGI SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA DI MAN 1 TULUNGAGUNG

Nany Soengkono Madayani


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i1.1602

Abstract


Karya tulis adalah hasil dari pemikiran dan tindakan penelitian yang memiliki muatan positif baik bagi diri sendiri dan lingkungan. Penyusunan karya tulis memang membutuhkan pengetahuan keilmuan tentang sistematika dan metode penulisan. Kegiatan Pendampingan ini memiliki konsepsi pelatihan penyusunan laporan karya tulis, agar mampu meningkatkan kompetensi yang baik. Dengan adanya pendampingan, diharapkan anak didik mampu membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk karya tulis ilmiah (KTI) . Untuk itu, perlu adanya pendampingan pada anak yang mengikuti pengembangan diri KIR di MAN 1 Tulungagung. Berdasarkan pengamatan selama pendampingan kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat berjalan lancar, selain itu antusiasme siswa dampingan yang tinggi serta rasa ingin tahu dari para peserta membuat pemberian materi menjadi sangat efektif dan efisien.

Keyword: Pendampingan, kompetensi, laporan karya tulis

Article Metrics :

References


Alfi Hidayatul Miqawati. 2019. Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Meningkatkan Daya Sain dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses tanggal 10 Februari 2020.

Arends, R. I., (2012). Learning to teach (9th ed.). Retrieved from http://www.globalskillsummit.com/whitepaper-summit.pdf.

Cook, P., & Walsh, M, (2012). Collaboration and Problem -based learning: Integrating Information literacy into a political science. Communications in Information literacy, 6(1), 59-72. Retrieved from http://www.comminfolit.org/index,php?journal=cil&page=article&op=view&path%5B%5D=v6i1p59

Dwiyanti, R., Marlena, N., Patrikha, F.D., Parjono., Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMK di Kabupaten Jombang, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), Vol. 1(2) hal. 249-266,2017

Kalidjernih, F, K. 2010, Penulisan Akademik, Bandung: Widya Aksara Press.

Lemke, M., Sen, A., Pahlke, E, Partelow, L., Miller, D, Williams, T., Jocelyn, I., (2004). International Outcomes of Learning in Mathematics Literacy and Problem Solving: PISA 2003 Results from the U.S Perspective. Highlights. NCES 2005-003. US Department of Education. Retrieved from http://eric.ed.gov/?id=ED484183

Sagala, N, L., Rahmatsyah, & Simanjutak, M.P. (2010), The Influence of Problem based learning model on scientific process skill and problem solving ability of students. IOSR Journal of Research &Method in Education, 7(4), 1-9. https://doi.org/10.9790/7388-0704040109.

Oyedele, V., Rwambiwa, J., & Manvuto, A (2013). Using educational media and technology in teaching and learning processes: A case of trainee teachers at Africa university. Academic Research International, 4(1). Retrieved from http://www.savap.org.pk/journals/ARInt/Vol.4(1)/2013 (4.1-30).pdf

Zulkifli. 2010. Pengertian Pendampingan (online). http://bintan-sweb.id. (diakses tanggal 12 Februari 2020).