Pemanfaatan Aplikasi Geogebra Bagi Guru Sekolah Dasar di Jakarta Selatan Untuk Mata Pelajaran Matematika

Hastri Rosiyanti
Arlin Astriyani
Ismah Ismah
Fitri Liani


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v8i2.1510

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan aplikasi GeoGebra pada mata pelajaran matematika bagi guru di tingkat Sekolah Dasar di Jakarta Selatan. Kegiatan pelatihan ini diadakan di gedung Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan peserta pelatihan sebanyak 28 guru matematika Sekolah Dasar di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan pada pengabdian ini berupa pemberian pelatihan dalam bentuk workshop mengenai penggunaan dan pemanfaatan aplikasi GeoGebra pada materi Bangun Ruang. Adapun tahapan pengabdian ini terdiri dari: persiapan/ perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Kegiatan pelatihan ini mendapat respon positif dari peserta pelatihan, adapun manfaat yang didapat oleh peserta pelatihan adalah menumbuhkan minat guru dalam menggunakan aplikasi GeoGebra pada proses pembelajaran Matematika di kelas, menambah wawasan bagi guru untuk membuat media pembelajaran berbasis ICT yang lebih menyenangkan dengan menghasilkan ilustrasi benda tiga dimensi sehingga dapat meningkatkan daya tangkap siswa, mempermudah guru dalam menyampaikan konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkret, memudahkan guru dalam membuat soal mengenai bangun ruang.


Article Metrics :

References


Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra dan Microsoft Mathematic dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No.3. ISSN: 1442-3041.

Fitriani. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 2, No. 4. ISSN: 2614-7947.

Hidayat, F. N. (2015). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra untuk Pembelajaran Matematika (dasar). Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 1. ISSN: 2089-855X.

Titisari, F. N. (2017). Efektivitas Penggunaan Program Geogebra pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri terhadap Motivasi dan Hasil Belajar di Kelas X SMA BOPKRI 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma.