PKM Kelompok Petani Aren Desa Lamara

Sugireng Sugireng
Ridia Utami Kasih


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i2.1447

Abstract


ABSTRAK

Kelompok tani Mattiro Bulu merupakan kelompok tani aren di Desa Lamara yang mengolah air nira menjadi gula merah aren. Gula aren yang diproduksi dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian kelompok tersebut. Namun, gula aren yang diproduksi masih belum stabil, kualitas yang rendah serta belum mampu bersaing di pasar-pasar modern dengan produk-produk turunannya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani aren dengan cara mengimplementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pengolahan nira aren yang dikombinasikan dengan jahe merah menjadi gula semut yang instan, enak dan sehat. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan kegiatan ini yaitu melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan tentang teknologi pengolahan nira aren secara higienis menjadi gula semut serta dilakukan monitoring dan evaluasi pasca program dengan beberapa indikator keberhasilan program. Hasil yang diperoleh pada kegiatan ini yaitu terbangunnya keterampilan kelompok petani aren Desa Lamara yang mereka dapatkan melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan oleh tim pelaksana sehingga muncul movitasi bersama untuk mengembangkan usaha. Kelompok petani aren sudah terampil dalam pengolahan air nira aren menjadi gula semut aren jahe merah yang diberi merek gula Semar jahe merah.

Kata Kunci: gula semut; jahe merah, petani aren; gula semar

Article Metrics :

References


Lalisang, I., 2017., Pemberdayaan Petani Aren Melalui Diversivikasi Produk Olahan Air Nira, Jurnal Pengabdian Masyarakat 23(4): 415-418.

Susila, A.H., Sumarno dan Dewi, D, SLI., 2014, Efek Ekstrak Jahe (Zingiber officinale Rosc.) terhadap Penurunan Tanda Inflamasi Eritema pada Tikus Putih (Rattus novergicus) Galur Wistar dengan Luka Bakar Derajat II., Majalah kesehatan FKUB 1(4):114-222.

Yuliani, N.Y., Sambara, J., dan Mau, M.,A., 2016, uji aktivitas antioksidan fraksi etilasetat ekstrak etanol rimpang jahe merah (Zingiber officinalle var. Rubrum) Dengan metode DPPH (1,1 Diphenyl-2- Picrylhydrazyl), Jurnal Info Kesehatan 14(1):1092-1110