Sekolah Alam Aktif, Kreatif, Inovatif, dan Rekreatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Desa Samberan Kanor Bojonegoro
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini memaparkan hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang dilaksanakan di Yayasan Semesta Kecil pada Program Taman Bacaan Masyarakat bidang pendidikan Bahasa Inggris, tepatnya di Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Pengelolaan program Bahasa Inggris yang belum baik; belum mempunyai kurikulum tersendiri; kesulitan dalam menarik minat belajar siswa; dan rendahnya minat baca menjadi masalah dalam program pengajaran Bahasa Inggris, hal ini mengindikasikan perlunya penerapan suatu metode pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan rekreatif. Artikel ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan Sekolah Alam pada anak-anak Desa Samberan. Sekolah alam dilaksanakan dengan memanfaat kan alam sebagai media pembelajaran, sumber belajar dan inspirasi dalalm membangkitkan semangat belajar. Wawancara dan test digunakan sebagai tekhnik pengumpulan data. Hasil dari PKMS ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Bahasa Inggris melalui Sekolah Alam mempunyai dampak positif terhadap pengetahuan; meningkatkan keterampilan berfikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill); serta meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Hal ini diketahui dari rata-rata perolehan nilai post-test peserta (79,70) lebih baik jika dibandingkan dengan nilai pre-test (59,81).
Kata Kunci: Metode Aktif Kreatif Inovatif dan Rekreatif, Sekolah Alam, Taman Bacaan Masyarakat
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Djulia E, T. Juwitaningsih, A. Hamid, R. Siallagan, P. Gultom, I. Hanum, K. Anwar, N. Wardani. 2011. Active Learning in Language Study and Science: Transforming Teacher Practice in North Sumatras Elementary Schools. Excellence in Higher Education. 2 (2): 90-96.
Eison, J. 2010. Using Active Learning Instructional Strategies to Create Excitement and Enhance Learning. https://www.cte.cornell.edu/documents/presentations/Active%20Learning%20-%20Creating%20Excitement%20in%20the%20Classroom%20-%20Handout.pdf. . Diakses tanggal 13 Juni 2018.
Prince, M. 2004. Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education.93 (3): 223-231.
Ratnaningsih, J. 2013. Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mengarang Siswa Kelas IV SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Tesis. Program Studi Teknologi Pendidikan, Surakarta.
Richard, J. 2013. Creatifity in Language Learning. http://www.professorjackrichards.com/wp-content/uploads/Creativity-in-Language-Teaching.pdf. Diakses tanggal 12 Juni 2018.
Schwartz, K. 2013. 7 Essential Principles of Innovative Learning. https://ww2.kqed.org/mindshift/2013/02/01/7-essential-principles-of-innovative-learning/. Diakses tanggal 20 Juni 2018.
Silberman, Mel. 2004.Active Learning, 101 Strategi Pembelajaran Aktif. YAPPENDIS. Yogyakarta.
UNESCO. 2010. Recreational Learning. http://www.unevoc.unesco.org/go.php?q=TVETipedia+glossary+A-Z&filt=all&id=582. Diakses tanggal 20 Juni 2018.