Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas (Classroom Language) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Yulia Nugrahini
Moh Gufron


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v7i1.1152

Abstract


ABSTRAK

       Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan menambah pengetahuan dan  keterampilan guru Bahasa Inggris kepada guru tingakat Sekolah Dasar pada Kecamatan Gondang pada khususnya. Classroom Language ini berupa kata perintah yang bisa di gunakan guru Bahasa Inggris di dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa dengan sederhana sehingga siswa bisa mengerti maksud perintah itu dan menambah kosa kata pada siswa. Pelatihan ini dilakukan dengan metode cerah dan diskusi saat penyampaian materi. Setelah penyampaian materi para guru membuat Rencana Pembelajaran dan praktek untuk peer teaching dengan rekan guru. Hasil yang di harapakan adalah Rencana Pembelajaran yang sudah di buat dapat di gunakan untuk seluruh Guru Bahasa Inggris di Kecamatan Gondang pada khususnya.

 

Kata Kunci: Penggunaan Bahasa Inggris, Classroom Language, Pembelajaran

Article Metrics :

References


Brown, H. Douglas. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Chang, Yu-Ying. 2010. English-Medium Instruction for Subject Courses in Tertiary Education: Reactions from Taiwanese Undergraduate Students. Taiwan International ESP Journal, Volume 2, Number 1, (pp. 55-84).

Harmer, Jeremy. 2007a. How to Teach English. Essex: Pearson Education Limited.

-------. 2007b. The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education Limited.

Kruger, Sherri. 2010. Why You Should Learn by Doing.http://www.dumblittleman.com/2010/10/why-you-should-learn-by-doing.html (diakses tanggal 3 November 2013).

McKay, Penny. 2007. Assessing Young Language Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Moon, Jayne. 2000. Children Learning English. Oxford: Macmillan Publishers Limited.

Nation, Paul. 2003. The Role of the First Language in Foreign Language Learning. Asian EFL Journal, Volume 5, Issue 2. http://www.asian-efl-journal.com/site_ map_ 2003 .php (diakses tanggal 30 Agustus 2012).

Paul, David. 2003. Teaching English to Children in Asia. Hong Kong: Pearson Education Asia Ltd.

Ratminingsih, Ni Made. 2010. Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Tipe Kepribadian terhadap Keterampilan Mendengarkan Bahasa Inggris: Studi Eksperimen pada Siswa SD LAB Undiskha Singaraja. Disertasi Doktor (tidak diterbitkan). PPS Universitas Negeri Jakarta.

Ratminingsih, Ni Made dan Budasi, I Gede. 2012. Pelatihan Pemanfaatan Lagu -Lagu Kreasi Khusus (Scripted Songs) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tema di Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Laporan Program PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, Universitas Pendidikan Ganesha.

Scott, Wendy A. and Lisbeth H. Ytreberg. 2000. Teaching English to Children, New York: Longman Group.