PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN KUIS WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN MOTIVASI SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLANGU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dan motivasi siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionaire dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan nonequivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu terdiri atas kelas VII A – VII I. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E yang berjumlah 32 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara acak. Hal ini dikarenakan seluruh kelas VII memiliki rata-rata yang relatif sama sehingga seluruh kelas bisa dijadikan kelas kontrol dan eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionare mencapai 75,89 dibandingkan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu 71,69. Kedua, ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dengan kuis who wants to be a millionare yaitu 86,28 dibandingkan pembelajaran pada kelas kontrol yaitu 82,84.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v15i2.913
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/insp.v15i2.913.g416
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi Magister Pendidikan IPS
STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id
p-ISSN :19072015
e-ISSN : 2686-3456