PENGARUH PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHERDAN TALKING STICKTERHADAP HASIl BELAJAR IPS

Wijayanti Lidya


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v15i2.898

Abstract


Abstrak

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pembelajaran numbered head together dan talking stick. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-Only Control Group design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 348 siswa.Teknik pengambilan sampling menggunakancluster Random Sampling.Penelitian ini menggunakan Sampel tiga kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan Uji Independent Sample Ttest dengan menggunakan bantuan SPSS 21.0.Hasil penelitianada pengaruh yang signifikan antara:(1)pembelajaran Number Head Togetherterhadap hasil belajar IPS ditunjukkan dengan perolehan thitung2,671>ttabel2,042(2).pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPS dengan perolehan thitung4,448> ttabel2,042. Hasil penelitian ada perbedaan yang signifikan antara:(3) pembelajaran tradisional dengan pembelajaran Number Head Together ditunjukkan dari perolehanthitung5,605>ttabel1,990(4) pembelajaran tradisional dengan pembelajaran Talking Stick ditunjukkan dari perolehan thitung2,363>ttabel1,990(5) pembelajaran Number Head Together dengan Talking Stick ditunjukkan dari perolehan thitung3,439>ttabel1,990.


Article Metrics :

References


DAFTAR RUJUKAN

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya

Arikunto,Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,Suharsimi.2010.Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Arsini, Ni Nengah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Semester Ii SD Gugus VI Kecamatan Kintamani Tahun Pelajaran 2014/2015. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD,(online), Vol:3No:https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/5811/4200 diakses 18 November 2017

Baharuddin dan Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Fathurrohman,Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Fraenkel. 2012. How to Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. Mc Graw Hill Companies

Hairunisya, Nanis. Analysis of Lesson Plan, Learning Process, Teacher Competence Based on The Indonesian Economics. Dinamika Pendidikan, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 54-71, june 2018. ISSN 1907-3720. Available at: . Date accessed: 13 dec. 2018. doi:https://doi.org/10.15294/dp.v13i1.13617

Huda, Miftakul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Belajar

Janayanti, Ni Made Firma. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, ( Online), Vol: 5 No: 2, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ JJPGSD/article/viewFile/10719/6822diakses pada 18 November 2017

Kurniasih. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogjakarta: Kata Pena

Margono.2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta : Pustaka Belajar

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Predana Media Grup

Undang-undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang SISDIKNAS