Peran Faktor Psikologis dalam Proses Pembelajaran: Membangun Kesuksesan di Dunia Pendidikan
Abstract
This article aims to find out the Role of Psychological Factors in the Learning Process: Building Success in Education. the research conducted in this article is field research using a descriptive qualitative approach. The results showed that Building Success in the World of Education first Self-Efficacy as a Driver of Learning Motivation, Emotional Intelligence to Improve Social Interaction, Psychological Well-Being as a Positive Mental Foundation, Contribution to Improving the Quality of Education if these psychological aspects have run optimally, of course it leads to success in the world of education.
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agustini, Ni Ketut, I. Wayan Sujana, and I. Ketut Adnyana Putra. 2019. “Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 2(1):131. doi: 10.23887/jp2.v2i1.17620.
Bariroh, Siti. 2017. “ANALISIS PENGARUH KEDISIPLINAN KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMA NEGERI 1 BUMIAYU KABUPATEN BREBES.” Jurnal Kependidikan 3(2):33–51. doi: 10.24090/jk.v3i2.898.
Basri, Jl Brigjen Hasan, Kode Pos, and Kotak Pos. 2021. “JURNAL PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT.” 04(04).
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset.
Djubaedi, Dedi, Ahmad Asmuni, and Eti Nurhayati. n.d. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Anak Terlantar.”
Hidayati, Nurul. 2016. “KONSEP INTEGRASI TRIPUSAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMAJUAN MASYARAKAT.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11(1). doi: 10.21043/edukasia.v11i1.811.
Ilmu Keolahragaan, Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung, Yudhi Teguh Pambudi, Angger Widorotama, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragan, Universitas Negeri Semarang, Achmad Syakur Fahri, Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragan, Universitas Negeri Semarang, Mukhammad Miftakhul Farkhan, and Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman. 2022. “Korelasi Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani.” Jurnal Porkes 5(1):158–67. doi: 10.29408/porkes.v5i1.5350.
Indriyani, Lemi. 2019. “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOGNITIF SISWA.” 2(1).
Karmila, Nita, and Siti Raudhoh. 2021. “PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA.” 05.
Maesaroh, Siti. 1970. “PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Jurnal Kependidikan 1(1):150–68. doi: 10.24090/jk.v1i1.536.
mamik. 2015. Metode Kualitatif.
Marampa, Elieser R. 2021. “PERAN ORANGTUA DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEROHANIAN PESERTA DIDIK.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2(2):239–58. doi: 10.53687/sjtpk.v2i2.46.
Rahardjo. 2010. Pembangunan Kawasan Dan Tata Ruang.
Sahputra, Dika, and Rini Hayati. 2019. “KONTRIBUSI KEPERCAYAAN DIRI DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL.”
Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra.
Yulika, Rian. 2019. “PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SENGKANG.”
Zeinnida, Qonita Luthfia, Iskandar Tsani, and Nila Zaimatus Septiana. 2022. “Pengaruh Religiusitas Dan Efikasi Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Di MA Al-Huda.” Edudeena : Journal of Islamic Religious Education 6(1):48–56. doi: 10.30762/ed.v6i1.118.