PELAKSANAAN PROGRAM BISNIS DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMP NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG

novi herawati


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v14i2.404

Abstract


ABSTRAK

 

 

 

Novi Herawati. 2017. Pelaksanaan Program Bisnis Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kewirausahaan Siswa Di SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Tulungagung . Tesis. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Tulungagung. Pembimbing: I. Dr. Nanis Hairunisya, M.M, II. Dr. Sunyoto, SH, M.Si.

 

Kata Kunci: Penanaman Nilai Kewirausahaan, Program Bisnis

 

Kewirausahaan memiliki peran sentral dalam kehidupan dan pembangunan suatu bangsa. Salah satu indikator maju tidaknya suatu negara adalah dilihat dari jumlah wirausahawannya. Pendidikan kewirausahaan sangat perlu untuk diadakan guna menambah jumlah wirausahawan dan mengurangi jumlah pengangguran. Selain memberikan bekal ketrampilan, pendidikan kewirausahaan juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan. Salah satu kegiatan unggulan di SMPN 1 Gondang adalah program bisnis. Program bisnis mengacu pada tujuan selain menanamkan nilai-nilai kewirausahaan juga membentuk jiwa entrepreneurship/ kewirausahaan.

 

Permasalahan yang ada dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimanakah pelaksanaan program bisnis di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung? 2) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai kewirausahaan kepada siswa melalui program bisnis di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung? 3) Hambatan apa sajakah yang dihadapi dalam proses penanaman nilai kewirausahaan melalui program bisnis di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung ? 4) Apa makna peranan tanggungjawab siswa dalam pelaksanaan progam bisnis di SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Lokasi penelitian dilakukan di SMPN 1 Gondang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bisnis merupakan salah satu kegiatan unggulan di SMPN 1 Gondang. Pembelajaran bisnis dilaksanakan dengan dua cara yaitu pembelajaran konsep-konsep kewirausahaan di kelas dengan cara mengintegrasikan konsep-konsep kewirausahaan dalam pembelajaran di kelas dan pembelajaran praktik berjualan yang dilakukan secara langsung oleh siswa mulai dari perencanaan sampai dengan pembuatan laporan. Dalam pelaksanaannya penanaman nilai kewirausahaan dilakukan secara bertahap. Penanaman nilai kewirausahaan dilakukan melalui kegiatan praktek berjualan yang melibatkan siswa siswi SMPN 1 Gondang. Dalam kegiatan ini peserta didik dilatih untuk menjadi pemimpin, dapat bekerja sama, tidak mudah menyerah, percaya diri, kreatif, inovatif, tanggung jawab, berani mengambil resiko, komunikatif, dan komitmen. Terdapat kendala dalam kegiatan penanaman nilai kewirausahaan kepada peserta didik melalui program bisnis, yaitu apabila ada peserta didik yang belum menemukan bakatnya.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latar belakang diadakannya program bisnis di SMPN 1 Gondang disesuaikan dengan visi dan misi SMPN 1 Gondang, yang merupakan kegiatan unggulan di SMPN 1 Gondang. Penanaman nilai kewirausahaan melalui pembelajaran bisnis dilakukan dalam kegiatan praktek bisnis mulai dari perencanaan, belanja, produksi, pemasaran, sampai dengan pembuatan laporan. Kendala yang dihadapai dalam penanaman nilai kewirausahaan adalah ketika ada seorang atau beberapa peserta didik yang belum bertemu dengan bakatnya.

 

Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1). Bagi pihak sekolah, hendaknya meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak swasta untuk mendukung program bisnis di SMPN 1 Gondang. 2). Bagi pihak sekolah hendaknya lebih mengintensifkan kerjasama dengan pihak orang tua, siswa, dan masyarakat dalam mengatasi kendala yang dihadapi siswa dalam kegiatan bisnis. 3). Bagi Dinas Pendidikan Kota Tulungagung, hendaknya mensosialisasikan pendidikan kewirausahaan agar dilaksanakan di sekolah lain di Kota Tulungagung, sebagai percontohan SMPN 1 Gondang Tulungagung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 ivABSTRACT  Novi Herawati. 2017. Implementation of Business Program In Growing Students Entrepreneur Values At SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung Regency. Thesis. Department of Social Sciences. College of Teacher Training and Education (STKIP) PGRI Tulungagung. Counselor: I. Dr. Nanis Hairunisya, M.M, II. Dr. Sunyoto, SH, M.Si. Keywords: Cultivation of Entrepreneurship Value, Business Program

 

                        Entrepreneurship has a central role in the life and development of a nation. One indicator whether or not a country's progress is seen from the number of entrepreneurs. Entrepreneurship education is necessary to be held to increase the number of entrepreneurs and reduce the number of unemployed. In addition to providing skills, entrepreneurship education can also be used as a means to instill entrepreneurial values. One of the excellent activities in SMPN 1 Gondang is the business program. Business program refers to the purpose in addition to instilling entrepreneurial values as well as establishing entrepreneurship / entrepreneurial spirit.                        Problems that exist in this research include: 1) How the implementation of business programs in SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung? 2) How to cultivate entrepreneurship values to students through business program at SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung? 3) What are some obstacles faced in the process of entrepreneurship entrepreneurship through the business program at SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung? 4) What is the meaning of the role of student responsibility in the implementation of business programs in SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung? This research use desciptive qualitative approach . The location of the research was conducted at SMPN 1 Gondang. Data collection uses observation, interview, and documentation techniques. Data analysis using Miles and Huberman model with data reduction step, data presentation, and conclusion.                        The results show that business program is one of the leading activities in SMPN 1 Gondang. Business learning is conducted in two ways: learning entrepreneurship concepts in the classroom by integrating entrepreneurial concepts in classroom learning and practical learning practices conducted directly by students ranging from planning to report generation. In the implementation of the entrepreneurship value is done gradually. The cultivation of entrepreneurship value is done through selling practice practices involving students of SMPN 1 Gondang. In this activity learners are trained to be leaders, can work together, not easily give up, confident, creative, innovative, responsible, risk-taking, communicative, and commitment. There are constraints in the activities of entrepreneurship entrepreneurship value to the students through business programs, ie if there are learners who have not found talent.                        Based on the result of the research, it can be concluded that the background of business program in SMPN 1 Gondang is adjusted to the vision and mission of SMPN 1 Gondang, which is the pre-eminent activity in SMPN 1 Gondang. The cultivation of entrepreneurship value through business learning is conducted in business practice activities ranging from planning, shopping, production, marketing, to report generation. Constraints faced in entrepreneurship entrepreneurship is when there is one or several learners who have not met with his talent.                        Suggestions proposed in this research are: 1). For the school side, it should increase cooperation with private parties to support the business program at SMPN 1 Gondang. 2). For the school should intensify cooperation with the parents, students, and society in overcoming the obstacles faced by students in business activities. 3). For the Education Office of Tulungagung City, should socialize entrepreneurship education to be implemented in other schools in Tulungagung City, as a pilot of SMPN 1 Gondang Tulungagung.

 


Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhari, S. 2007. ‗Karena Sekolah Kita Laksana Penjara‘. Dalam http://www.wahidinstitute.org/indonesia/images/stories/SuplemenTem po/TempoEdisi-VII.pdf (10 Januari 2013).

Direktorat Pembinaan SMP. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas

Hakim, Dhikrul. 2012. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jurnal. Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang.

Instruksi Presiden RI No. 4 Tahun 1995 tentang 1995 tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan.

Koesoema, Doni. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di

Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Kurniasih, Nani. 2009. ‗Manajemen Pendidikan di SMP Alam Ar-Ridho Semarang Tahun 2009‘. Skripsi. Salatiga: STAIN.

Supriyatiningsih. 2012. Penanaman Nilai-nilai Kewirausahaan pada Siswa melalui Praktek Kerja Industri. Journal of Economic Education 1

.

Suryana. 2006. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tilaar, H.A.R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship dalam Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep dan Strategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.