ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POGALAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Alvi Chusna Zahara, Ratri Candra Hastari, HM. Farid Ma’ruf

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang penting bagi
siswa, akan tetapi rata-rata hasil belajar matematika siswa masih di
bawah KKM. Fokus dari penelitian ini yaitu (1) bagaimana kesalahan-
kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal, (2) apa
penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa,
dan (3) upaya apa yang harus dilakukan oleh pendidik agar kesalahan-
kesalahan yang terjadi tidak terulang di kemudian hari. Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pogalan tahun
pelajaran 2015/2016. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) siswa dengan
gaya kognitif Field Independent cenderung melakukan kesalahan fakta,
konsep dan prinsip, sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif Field
Dependent cenderung melakukan kesalahan fakta, konsep, operasi dan
prinsip.
KATA KUNCI: Analisis Kesalahan, Gaya Kognitif



DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i3.337

DOI (PDF HAL 136-151 (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.29100/insp.v13i3.337.g179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Program Studi Magister Pendidikan IPS

STKIP PGRI Tulungagung Jalan Major Sujadi Timur 7, Plosokandang, Kedungwaru Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66229 Telepon : (0335) 32142
E-mail: inspirasi@stkippgritulungagung.ac.id

p-ISSN :19072015

e-ISSN : 2686-3456