ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 POGALAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Alvi Chusna Zahara
Ratri Candra Hastari
HM. Farid Ma’ruf


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i3.337

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang penting bagi
siswa, akan tetapi rata-rata hasil belajar matematika siswa masih di
bawah KKM. Fokus dari penelitian ini yaitu (1) bagaimana kesalahan-
kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal, (2) apa
penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa,
dan (3) upaya apa yang harus dilakukan oleh pendidik agar kesalahan-
kesalahan yang terjadi tidak terulang di kemudian hari. Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pogalan tahun
pelajaran 2015/2016. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) siswa dengan
gaya kognitif Field Independent cenderung melakukan kesalahan fakta,
konsep dan prinsip, sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif Field
Dependent cenderung melakukan kesalahan fakta, konsep, operasi dan
prinsip.
KATA KUNCI: Analisis Kesalahan, Gaya Kognitif

Article Metrics :