PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 KOMPETENSI GURU DAN KINERJA GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMPN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

lasini lasini
imam sujono
abdul manab


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v14i1.284

Abstract


Tujuan peneliltian dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan  persepsi peserta didik tentang implementasi kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tulungagung (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikanantara kompetensi guru terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tulungagung.(3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kinerja guru terhadap motivasi belajar  IPS peserta didik kelas VIII SMPN 1Tulungagung.(4) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik,implementasi kurikuklum 2013 kompetensi guru dan kinerja guru terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas VIII SMPN 1 Tulungagung... Populasi penelitian ini adalah  kelas VIII SMPN 1 Tulungagung sebanyak 500 peserta didik, sedangkan pengambilan sampel sebesar 15% dari populasi yaitu sebanyak 75 peserta didik.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Variabel peneliatian ini terdiri atas (1) variabel X1 yaitu persepsi peserta didik tentang implementasi kurikulum 2013, (2) variabel X2 yaitu persepsi peserta didik tentang kompetensi guru IPS, (3) variabel X3 yaitu persepsi peserta didik tentangkinerja guru, (4) variabel Y yaitu motivasi belajar IPS. Pengambilan data penelitian menggunakan angket tertutup dengan menggunakan empat option. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan persepsi peserta didik tentang implementasi kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar IPS kelas VII, hal ditunjukkan dengan hasil thitung 7,742 > 1,666, (2) ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru IPS terhadap motivasi belajar IPS kelas VIII, hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung 3,6999 > 1,666, (3) ada pengaruh  yang signifikan  kinerja guru terhadap motivasi belajar IPS kelas VIII, hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung 5,111 > 1,666, (4) ada pengaruh yang signifikan persepsi peserta didik tentang implementasi kurikulum 2013, kompetensi guru, kinerja guru terhadap motivasi belajar IPS kelas VIII SMPN 1 Tulungagung, hal ini dapat dibuktikan hasil uji secara simultan bahwa nilai fhitung 87,732 > ftabel 2,73. 


Article Metrics :

References


Arikunto Suharsimi, 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Barnawi, 2012. Berprestasi dan Kompetensi Dengan kinerja Guru Sekolah

Dasar, Yogyakarta : Angkasa Raya

Departemen Pendidikan Nasional, 2004. Pengembangan Perangkat Penialaian

Kinerja Guru. Jakarta: Ditjen dikti, Bag.Proyek P2TK

Hamalik Oemar, 2002. Pendidikan Guru berdasarkan Pendekatan Kompetensi,

Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik Oemar,2008. Proses Belajar Mengajar,Bandung : PT Bumi Aksara.

PERMENDIKBUD RI, Nomor 103 Tahun 2014. Tentang Pembelajaran Pada

Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah,

PERMENDIKBUD RI, Nomor 104 Tahun 2014, Tentang Penilaian Hasil Belajar

BelajarOleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah, Nomor 74 Tahun 2008. Tentang Guru.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang –Undang Nomor 14 Tahun 2015 Tentang Guru dan Dosen