PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

adella widya meilawati
Maria Agatha W H


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v19i1.2772

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021, 2) Untuk mengetahui problematika atau permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. 3) Untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa. 1) Proses pembelajaran daring (online) di kelas XI SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021 berlangsung secara daring. 2) Problematika atau masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring (online) di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021 adalah keterbatasan fasilitas dan penguasaan teknologi yang dimiliki guru dan juga siswa, penjelasan yang tidak detail peserta didik kurang memahami materi, kejenuhan peserta didik terhadap tugas yang diperoleh, jaringan internet yang tidak stabil dan harga kuota internet yang mahal. 3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika saat pembelajaran daring (online) di SMA Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021 yaitu meningkatkan kompetensi guru menggunakan atau mengoperasionalkan teknologi, meminjamkan fasilitas seperti handphone apabila terdapat siswa yang tidak memilikinya. Bekerjasama antara wali kelas, wali murid, dan BK dalam pendampingan belajar peserta didik.


Article Metrics :

References


Pembelajaran daring, Problematika.