EFFECT OF PROFESSIONAL COMPETENCE TEACHERS, FAMILY ENVIRONMENT, DISCIPLINE OF STUDENTS AGAINST STUDENT ACHIEVEMENT LESSON IN GEOGRAPHY AT SMA PGRI 1 TULUNGAGUNG

sony dwi sujatmiko
sulastri rini rindrayani
sunjoto sunjoto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v14i1.270

Abstract


Proses pembelajaran yang baik adalah suatu proses belajar yang bersifat interaktif untuk menghasilkan produk (hasil belajar) yang optimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi  ulangan harian siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal dikarenakan perilaku kedisiplinan didalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh Kommpetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, dan Kedisiplinan Siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA PGRI 1 Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa. 


Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi, 1990, Manajemen Pengajaran secara Manusiawi, Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (2001, 2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hamalik, Oemar, 1983, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung

Slameto, 1991, Belajar Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatis dan R&B.UNY Yogyakarta

Yana Rohmana, 2010, Ekonometrika, Teori, dan Aplikasi dengan Evieuss, Bandung, Lab Pendidikan Ekonomi Koperasi FPEB UPI