PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU
Abstract
IPS masih tetap tampak sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, hal ini mungkin karena IPS diajarkan sebagai sesuatu yang abstrak, monoton dan tidak menarik. Kenyataan menunjukkan bahwa guru telah mendominasi setiap kegiatan belajar mengajar. Informasi atau materi pelajaran dijelaskan atau diceramahkan guru, tanpa terlebih dulu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuan IPS. Siswa dipandang ‘tidak tahu apa-apa’ sehingga materi pelajaran tersebut harus ditransfer ke kepala (pikiran) siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik IPS serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT.
Article Metrics :
References
Arikunto, Suharsimi. et.all., 2006.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Purwanto, Ngalim. 2007.Psikologi Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slavin, 2008.Cooperative Learning, (Teori, Riset, Praktik), Bandung: Nusa Media,
Tanzeh, Ahmad. 2004.Metode Penelitian Praktis. Jakarta : Bina Ilmu
Trianto, 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis, Konsep, Landasan, Teoritis Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Prestasi Pustaka
Yuwono, Ipung. 2001. pembelajaran Matematika Secara Membumi, Malang: Unpress