PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGANTRU

reny setyawati
hikmah eva trisnantari
abdul manab


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v14i1.269

Abstract


IPS masih tetap tampak sebagai mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa, hal ini mungkin karena IPS diajarkan sebagai sesuatu yang abstrak, monoton dan tidak menarik. Kenyataan menunjukkan bahwa guru telah mendominasi setiap kegiatan belajar mengajar. Informasi atau materi pelajaran dijelaskan atau diceramahkan guru, tanpa terlebih dulu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuan IPS. Siswa dipandang ‘tidak tahu apa-apa’ sehingga materi pelajaran tersebut harus ditransfer ke kepala (pikiran) siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik IPS serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT.

 


Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. et.all., 2006.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Ngalim. 2007.Psikologi Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Slavin, 2008.Cooperative Learning, (Teori, Riset, Praktik), Bandung: Nusa Media,

Tanzeh, Ahmad. 2004.Metode Penelitian Praktis. Jakarta : Bina Ilmu

Trianto, 2007.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis, Konsep, Landasan, Teoritis Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Prestasi Pustaka

Yuwono, Ipung. 2001. pembelajaran Matematika Secara Membumi, Malang: Unpress