PENINGKATAN KINERJA DAN PROFESIONALISME GURU BERBASIS TIK

ilham zulkarnaen
imam sujono
imam sukwatus sujai


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i2.261

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) upaya yang dapat dilakukan guru dan/atau usaha pihak sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di UPTD SMP Negeri 6 Tulungagung, (2) upaya yang dapat dilakukan guru dan/atau usaha pihak sekolah dalam meningkatkan guru profesional di UPTD SMP Negeri 6 Tulungagung, (3) manfaat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kinerja guru di UPTD SMP Negeri 6 Tulungagung dalam rangka mewujudkan guru yang profesional.

Selain itu guru juga harus meningkatkan kompetensinya, karena merupakan salah satu yang harus dilaksanakan oleh guru dan itu merupakan amanah yang diberikan oleh pemerintah untuk guru yang harus dilaksanakan, dan di era perkembangan jaman masalah teknologi informasi dan komunikasi tidak bisa lepas dari dunia pendidikan. Guru harus memahami dan mengerti pentingnya TIK dalam pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan guru untuk membuat perangkat pembelajaran, mencari dan membuat bahan pembelajaran dan proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam kegiatan-kegiatan pendidikan dan pelatihan sekarang sudah mengunakan perangkat komputer, maka dari itu peran TIK dalam dunia pendidikan sangatlah besar dan berpengaruh baik bagi guru selaku pendidik atau peserta didiknya. Untuk itu guru dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dan meningkatkan profesionalismenya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya selaku pendidik.


Article Metrics :

References


Iskandar Agung, 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Jambi, Gaung Persada Press

Imam Abdu Syukur, Profesionalime Guru Dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , (online), Vol. 20, No. 2,

https://scholar.google.co.id/scholar?q=profesionalime+guru+dalam+mengimplementasikan+teknologi+informasi&btnG=&hl=id&as_sdt=0%2C5, diakses tgl 28 Maret 2016

Matthew B. Miles & A. Michael Huberman, Tanpa tahun, Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru), Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, 2014, Jakarta; Universitas Indonesia Press.

Republik Indonesia, 2015, Undang-Undang Guru & Dosen, Yogyakarta, Pustaka Mahardika

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.