PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR, PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR DI RUMAH, DAN DAMPAK MENONTON TELEVISI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDIST IMAM SYAFI’I TAPAN KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

dessy maulina Lestari
Hari Subiyantoro
susanto susanto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i2.259

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh positif dan signifikan bimbingan orang tua, minat belajar, penyediaan fasilitas belajar dan dampak menonton televisi terhadap prestasi belajar terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun secara simultan.  . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengujian regresi linier berganda dengan mengambil sample adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI SDIST Imam Syafi’I. Dengan pembuktian bahwa terdapat linearitas (F) yang signifikan sebesar 0,000 < 0,050, uji hipotesis dalam signifikasi 5% dimana nilai t (X1) sebesar 2,575, t (X2) sebesar 3,078, t (X3) sebesar 2,971, dan t (X4) sebesar 3,300. Besar koefisien R Square dalam memberikan sumbangan efektif sebesar 0,488, maka dinyatakan ada pengaruh positif dan signifikan semua faktor-faktor yang diuji baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar, dimana kenaikan satu poin bimbingan orang tua, minat belajar, penyediaan fasilitas belajar dan dampak menonton televisi akan meningkatkan sebesar 48,8% prestasi belajar.


Article Metrics :

References


Achmadi, Rudhi. 2007. Pengaruh Minat Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Perhotelan Akpindo. Panorama Nusantara: Vol. 02/1, Januari-Juni.

Bangun, Darwin. 2008. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, dan Penggunaan Waktu Belajar di Rumah dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 5 /1, April.

Kurniawan, Dwi L. & Santoso, Djoko. 2013. Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tik Kelas X Sma N 1 Kota Mungkid, Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta: Thesis.

Wiyono, Bambang Budi 2003. Hubungan Lingkungan Belajar. Kebiasaan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar. Universtas Kanjuruhan Malang: Thesis.

Wisanggeni. 2011. Arti.Pengertian, Definisi Prestasi Belajar.(Online), (http://mahera.net/). Diakses pada tanggal 23 April 2016.

Peni, Anila.2014. Pengaruh Ketersediaan Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 2 Sutojayan Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Universitas Kanjuruan Malang: Thesis.

Rya, Puspa. 2014. Pengaruh Bimbingan Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Siswa Di MTS Tongas Probolinggo. Universitas Kanjuruan Malang: Thesis.

Sandawati, 2015. Pengaruh Minat Belajar Dan Penyediaan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XII Program IPS MA DarulAkhlak Toronan Kabupaten Pamekasan. Universitas Kanjuruan Malang: Thesis.

Siagian, Roida E.F.. 2010. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif: Vol 2/2, pp. 122-131.

Singodimedjo, Markum. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia, Surabaya : SMMAS.

Sulastri. 2002. Pengaruh Dosen, Fasilitas, Orang Tua dan Kemandirian Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Padang. Jurnal R&B: Vol 2/2, Oktober.

Surya, Hendra. 2004. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar (Bagi Pelajar dan Mahasiswa). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Tarigan, T., Ervany, N & Lubis, S. 2007. Pola Menonton Televisi dan Tengaruhnya Terhadap Anak. Sari Pediatri: Vol. 9/10, pp. 44-47.

Utami, Kartika.2014. Pengaruh Intensitas Menonton Televisi Dan Kedisiplinan Belajar Di Rumah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN Rejing 2 Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Universitas Kanjuruan Malang: Thesis.