PENGEMBANGAN MODUL SISTEM DAN ALAT PEMBAYARAN TUNAI DAN NON TUNAI KURIKULUM 2013 METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN ILMU-TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT (ITM)

Luthvi Tri Handayani
Hari Subiyantoro


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v13i1.252

Abstract


Modul merupakan bahan belajar terprogram yang disusun sedemikian rupa dan disajikan secara terpadu, sistematis, serta terperinci. Melalui penelitian dan pengembangan  dengan model Borg dan Gall yang dimodifikasi diketahui bahwa pengembangan modul materi sistem dan alat pembayaran tunai dan non tunai Kurikulum 2013 metode problem based learning dengan pendekatan ilmu-teknologi dan masyarakat (ITM) dapat meningkatkan tingkat pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hal itu disarankan kepada guru, untuk mengembangkan modul pembelajaran ini pada materi ekonomi yang lainnya

Article Metrics :

References


Kosasih, E. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.

Nasution, S. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Daryanto, & Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Prastowo, 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta : DIVA Press.