Dwi Koranto

Dwi Koranto


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v8i15.2

Abstract


Untuk mendukung program Jurusan Fisika, maka sangat mendesak bagi seorang dosen/staf pengajar untuk melakukam inovasi yang kretif dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini akan dikembangkan perangkat  pembelajaran  matakuliah Fisika Dasar, yang merupakan matakuliah inti dalam kurikulum Jurusan Fisika.  Perangkat  matakuliah Fisika Dasar yang akan dikembangkan meliputi : Silabus, Rencana Pengajaran (RP), Modul Fisika Dasar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dan Lembar Evaluasi Mahasiswa (LEM). Selanjutnya perangkat matakuliah yang telah dikembangkan tersebut akan aplikasikan pada pembelajaran berbasis ICT, dengan membuat program e-learning matakuliah Fisika Dasar di internet, Model pengembangan perangkat yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D, yang diadaptasi dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel , dan terdiri-dari tahap Define, Design, Devilop dan Desseminate (model 4-D). Dalam penelitian ini tahap ke empat (Desseminate) tidak dilakukan , karena keterbatasan waktu. Dan telah di peroleh hasil pengembangan perangkat pembelajaran untuk matakuliah Fisika Dasar ini dalam bentuk : (1) GBRP dan SAP , (2) Modul Perkuliahan , (3) Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan (4) Lembar Evaluasi Mahasiswa (LEM). Dengan telah dihasilkannya perangkat pembelajaran untuk matakuliah Fisika Dasar ini, maka tahap berikutnya akan dilengkapi dengan media interaktif untuk mendukung desain pembelajaran berbasis e-learning.


Article Metrics :