MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN SEKOLAH DI LINGKUNGAN SMA SUNAN AMPEL

Faridatun Amiyah (SMA Islam Sunan Ampel Karangrejo Tulungagung)
Hari Subiyantoro (Universitas Bhinneka Tulunggung)


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v17i2.1814

Abstract


SMA Sunan Ampel Karangrejo Tulungagung adalah sekolah yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Putra Al-Ghozali dan Pondok Pesantren Putri Sholahiyatul Fatah. Tesis ini membahas mengenai budaya religius siswa melalui kegiatan sekolah di SMA Sunan Ampel Karangrejo Tulungagung. Penelitian dilaksanakan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah dan faktor pendukung serta penghambat dalam membangun budaya religius siswa melalui kegiatan sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data menggunakan informan dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dengan menerapkan model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan sekolah dalam membangun budaya religius siswa yaitu melalui pembiasaan pagi yang meliputi sholat dhuha berjamaah, asmaul husna, khitobah, membaca surat pendek, berinfaq dan bersodaqoh, peringatan hari besar islam, program budaya S7 (salam, salim, senyum, sapa, sopan, santun, semangat), dan mengucapkan slogan sekolah (saya bisa, saya kaya, saya berakhlaq mulia). Faktor pendukung dalam membangun budaya religius siswa yaitu dengan adanya komitmen dan berani berinovasi, keaktifan siswa, kerjasama semua warga sekolah, lingkungan, kerjasama dengan wali siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam membangun budaya religius siswa yaitu kurangnya dukungan dari wali siswa, tingkat kesadaran yang rendah, dan kurangnya keteladanan guru yang untuk menjadi contoh yang baik bagi siswa.


Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

Fathurrohman. 2015. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Tinjauan Teoritik Dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Yogyakarta: Kalimemedia

Fatmawati, Laili. 2018. Implementasi Budaya Religius dalam Pembinaan Mental Mahasiswa D-III Kebidanan di Akademi Kebidanan Sakinah Pasuruan. Skripsi tidak dipublishkan. Surabaya. Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Kadipiro Surakarta: Yuma Pustaka.

Irwanto. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa (Studi di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut, Jawa Barat). Tesis Tidak dipublishkan. Yogyakarta. Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Koentjaraningrat. 2006. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Dalam Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2006. Nuansa Baru pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 2011. Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ridwan. 2018. Pembentukan Karakter Religius Siswa Berbasis Pendidikan Agama di SMK Negeri 2 Malang. Tesis Tidak diterbitkan. Malang. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Sahlan, Asmaun. 2009. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori Ke Aksi. Malang: UIN Maliki Press.

]Septian Putra, Kristiya. 2015. Implementasi Pendidikan Agama Islam melalui Budaya Religius (Religious Culture) di Sekolah. Jurnal Kependidikan Vol III No. 2 November 2015.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, Ahmad. 2010. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi, Rohani dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanzeh, Ahmad (Ed). 2003. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filosof Muslim, dalam Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yusuf, Choirul Fuad (Ed). 2008. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Jakarta: PT. Pena Citasatria.

Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter; Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.