CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN BRAND PERSONALITY TERHADAP MINAT BELI

Yuyuk - Liana (STIE Malangkucecwara) Malang


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v17i1.1556

Abstract


Pertumbuhan perekonomian di Negara kita melaju cukup pesat, berkaitan dengan hal tersebut maka akan semakin banyak muncul bisnis baru serta jenis produk dan jasa yang ada di berbagai bidang yang ada pada sektor bisnis Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial antara brand personality terhadap minat beli, kualitas produk terhadap minat beli dan citra merek terhadap minat beli. Adapun populasinya adalah konsumen yang menggunakan produk minyak Bimoli yang berjumlah 110 responden. Metode pengumpulan datanya adalah dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menujukkan bahwa semua hasil ada pengaruh secara signifikan antara brand personality terhadap minat beli, ada pengaruh kualitas produk terhadap minat beli dan ada pengaruh citra merek terhadap minat beli.


Article Metrics :

References


Aaker, David, A. dan Alexander, L. Biel, 2009, Brand Equity and Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand, Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Hillsdale.

Ambarwati Miki, Sunarti, dan Mawardi M Kholid, 2015. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Pasta Gigi Pepsodent)

Azoulay, Audrey and Jean-Noel Kapferer. (2003). Do Brands Personality Scales Really Measure Brand Personality?. J Brand Management. 11(2), 143-155.

Durianto, Darmadi. 2011. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Keller, K.L. 1993. Conceptualizing, Measurrement and Managing Customer Based On Brand Equity, Jurnal Marketing , Vol 57, No.1, pp1-22

Keller, K. L. 2012. Strategic Brand Management (4th edition). England: Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., dan Pfoertsch, W. (2008). B2B Brand management. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, P., 2008. Prinsip Prinsip Pe,asaran, edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Mullins,Orville,Larreche dan Boyd. (2005). Marketing Management:A Strategic Decision Making Approach,6th edition. Penerbit Mcgraw-Hill. New York City

Naibaho, Agnes & Yuliati, Ai Lili. (2017). Pengaruh Kepribadian Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek Kiranti. Bandung: Universitas Telkom

Purmomo, Eko,2016. Pengaruh Harga, Kualitas produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Membeli Beras Lokal. (Studi Kasus Desa Rambah Utama)

Randi, 2016. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Makanan Fast Food Ayam Goreng. Jom FISIP Vol. 3 No. 2 Oktober 2016

Rachma, Anindya Andanawari. 2014. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Diponegoro.

Sanad, Ahmad, 2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Terhadap Minat Beli (Studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran jasa Edisi ketiga, Malang : Bayu Media Publishing.

Suwito, Pengaruh Brand Personality Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Blacberry Di Purworejo

Utami, S. (2017), Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga dan Islamic Branding Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik

Valentina, Edsa Natasya, 2014. Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen (studi Pada Batik Air Sebagai Brand Extension dari Lion Air)

Wiratnaya, I Nyoman. 2014. Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Wisatawan Pada Komaneka Resorts & Spa Group di Kawasan Pariwisata Ubud, Gianyar. Sekolah Tinggi Pariwisata, Bali.

Wu, Shwu Ing & Lo, Chien Lieng, 2009. The influence Of Core Brand Attitude and Costumer Percwption and Purchase Intention Toward Extended Product. Asia Pasific Journal Of Marketing and Logistic, 21, No 1, 174-194

Zainudin, Didi, 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli Motor Matik. Sosiao e-Kons, Volume 10, No. 3, Desember 2018