FENOMENA KENAKALAN PESERTA DIDIK

Rizki Brida Amalia


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v16i1.1059

Abstract


Kenakalan siswa merupakan salah satu hal yang menyimpang karena ada hal-hal yang negatif yang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal dari dalam siswa tersebut.oleh sebab itu dalam menangani masalah kenakalan peserta didik ini diperlukan bantuan dari banyak pihak, baik dari keluarga khususnya orang tua, teman dan lingkungan sekitarnya merupakan salah satu dukungan bagi remaja untuk bertingah laku positif. Kenakalan siswa merupakan salah satu hal yang menyimpang karena ada hal-hal yang negatif yang dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal dari dalam siswa tersebut.oleh sebab itu dalam menangani masalah kenakalan peserta didik ini diperlukan bantuan dari banyak pihak, baik dari keluarga khususnya orang tua, teman dan lingkungan sekitarnya merupakan salah satu dukungan bagi remaja untuk bertingah laku positif.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


DAFTAR RUJUKAN

Anindawaty, Peran Keluarga dan Perilaku Kenakalan Remaja, www.wordpress.com

Agung, Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jambi: Gaung Persada Press.

Burhan, Z.F. 2003.Studi Dokumentasi Tentang Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa di SLTP Muhammadiyah 1 Godean.Tesis. Tidak diterbitkan.Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Dahlan, Ahmad. 2008. Usaha sekolah dalam mengatasi kenakalan siswa. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

Esti, Wuryani Djiwandono Sri. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Fuadah, Nur. 2011. Gambaran Kenakalan Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Imam, Ahmad. 2013. Implementasi home visit dalam menanggulangi kenakalan siswa dan memantau perilaku keagamaan di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunung Kidul. Tesis tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Katono, Kartini. 2014. Patologi Sosial II Kenakalan Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Makmur, Asmani Jamal. 2012. Kiat mengatasi kenakalan siswa di sekolah. Yogyakarta: Diva Press

Miles, B. Mathew Dan Michael Huberman.1992. Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Mulyasari, Dian. 2010. Kenakalan remaja ditinjau dari persepsi remaja terhadap terhadap keharmonisan keluarga. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Narwoko, J Dwi. 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan.Jakarta: Kencana.

Purnomo, Eko Heri. 2010. Penanggulangan Kenakalan Siswa Oleh Guru Bimbingan Konseling di SMAN 1 Bayat Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sudarsono. 2012. Kenakalan Remaja (Prevensi, Rehabilitasi, dan Resosialisasi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2015.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukanto, Sarjono. 2000. Remaja dan Masalah-masalahnya, Jakarta: Gunung Mulia.

Sriwijaya Post. 2009. Tawuran Pelajar Makan Korban.

Http://www.sripoku.com/view/5480/Tawuran_Pelajar_Makan_Korban_.htmDiakses 21 Desember 2017. Jam 10.00 WIB

Surahman, Winarno. 2000. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito

Wahab, A. 2003.Studi Tentang Metode Bimbingan Konseling Agama Pada Siswa Bermasalah di SMKN 1 Kalasan Sleman Yogyakarta.Tesis.Tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN.