PERBEDAAN PENGGUNAAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN KEPERAWATAN SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017-20
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Base Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPS siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Keperawatan SMKN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2017-2018.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif karena bertujuan untuk membandingkan keberadaan variable-variabel pada dua sampel atau lebih sampel yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Dalam hal ini variable yang akan diteliti adalah motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis antara dua kelas eksperimen yang diberi perlakuan. Penelitian ini juga menggunakan desain eksperimen dengan bentuk desainnya adalah non equivalent comparation group design (pre-test dan post-test) karena kedua kelompok eksperimen tidak dipilih secara random dan bertujuan untuk membandingkan perbedaan setelah diberikan perlakuan untuk kedua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Keperawatan SMKN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 50 orang yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas XII KPR-1 sebanyak 25 orang dan XII KPR-2 sebanyak 25 orang.Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi dan angket kemampuan berpikir kritis. Analisis data instrumen yang digunakan adalah validitan dan normalitas angket. Analisis hipotesis yang digunakan adalah normalitas homogenitas, , uji general linear model, uji kesamaan matrik-kovarian uji signifikansi multiivariat dan uji signifikansi univariat.Berdasarkan hasil penelitian (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi pada tes uji signifikansi univarian sebesar 0,974 atau > 0,05. (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi pada tes uji signifikansi univarian sebesar 0,502 atau > 0,05. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis sesuai pada tes uji signifikansi univarian yang menunjukkan tidak adanya interaksi antara model dan variable motivasi dan kemampuan berpikir kritis. (4) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan atau pengaruh yang sangan kecil sekali antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Jigsaw terhadap motivasi dan kemampuan berpikir krtis, sesuai dengan uji multivarian yang menunjukkan angka wilk`k lamda sebesar 0,987 yang mendekati 1 yang artinya terdapat pengaruh yang kecil model pembelajaran terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis.
Article Metrics :
References
DAFTAR RUJUKAN
Arikunto, Suharsimi,. 2016, Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara
Anisaunnafi’ah, R. (2015). Pengaruh model Pembelajaran Problem based Learning terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul.
Budiono, 2013, Statistika Untuk pendidikan, Surakarta :UNS Press
Dahlan,M.S. 2010. Besar Sampel Dan Cara pengambilan Sampel, Jakarata: Salemba Medika
Djamarah,S, 2006, Strategi Dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Rineka Cipta
Gunawan, Muhammad Ali,2013. Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, Yogyakarta : Parama Publishing
Hamalik, Oemar,. 2013, Kurikulum Dan pembelajaran,. Jakarta: Bumi aksara
Hugiono Ibrahim, M,. Fida R, Nur,M. Dan Ismoyo, 2000, Pembelajaran Kooperatif, Surabaya: Unesa Press
I Wayan Piasih Ariyanti, I Wayan Lasmawan, N. D. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD Cipta Dharma denpasar, 3.
Ismaizura, D. (2013). Berpikir, Kemampuan Matematis, Kreatif Smp, Siswa Berbasis, Pembelajaran Konflik, Strategi, 2(4), 33–37.
Jimbaran, G. I. V, & Selatan, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan, 4.
Kowiyah, 2012,. Kemampuan Berpikir Kritis dalam Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3 No. 5 Desember 2012
Liza Wahyuni, Sohibul, S. R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Ujungbatu Rokan Hulu-Riau.
Nur, M. (2008). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw terhadap Motivasi Berprestasi Matematika Siswa MTs. Sa’adatul Mahabbah Pondok Cabe Udik Pamulang, 7.
Pradnyana, P.B., Maehaeni, A.A.N., Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD, 3.
Reta, I. K. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa, 1–17.
Riduwan,2005. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Sagala, Syaiful, 2013 Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alpabeta
Sardiman,A.M. 2010. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar,. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sardiman 2014, Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT> Rineka Cipta
Sugiyono, 2015,. Metode Penelitian Pendidikan,. Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2012,. Metode Penelitian Pendidikan,. Bandung : Alfabeta
Suherman,E. 2008,. Model Belajar Dan pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa, Jurnal pendidikan DanBudaya,7 : 1-9
Sumanto,W. 2003.Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Tim Pengenbang, STKIP PGRI Tulungagung, 2015, Pedoman Penulisan karya Ilmiah
Trianto, 2007,. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik, Jakarta : prestasi Pustaka
Trianto, 2010, Mengembangkan Model Pembelajaran tematik, Jakarta : Pretasi Pustaka
Wijayanto, M. (2009). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dijinjau dari Motivasi Belajar Siswa.
Winkel,W.S.2005. Psikologi Pengajaran, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Uno, B hamzah, 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran,. Jakarta: Bumi aksara
Uno,B hamzah, 2011, Teori Motivasi Dan pengukurannya,. Jakarta: Bumi Aksara