PENGARUH PENGGUNAAN TUTOR SEBAYA , MEDIA TUTORIAL , DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI

Septiani - Septiani


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v16i1.1054

Abstract


Keberhasilan pembelajaran salah satunya ditunjukkan dengan perolehan hasil belajar yang tinggi oleh siswa. Hasil Belajar Komputer Akuntansi yang dicapai siswa kelas XI  Akuntansi di SMKN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 160 siswa terbagi ke dalam 4 kelas secara rata - rata masuk kategori baik. Kondisi ini bisa lebih ditingkatkan menjadi kategori sangat baik. Dengan menggunakan uji regresi linier berganda didapatkan hasil ada pengaruh yang signifikan antara  penggunaan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya  (variabel X1), media pembelajaran video tutorial (variabel X2), dan motivasi belajar  (variabel X3) terhadap hasil belajar komputer akuntansi (variabel Y) secara simultan dengan tingkat pengaruh 64,3%. Sedangkan sisanya sebesar, 35,7% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel dalam penelitian ini. 


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


DAFTAR PUSTAKA

Aini, Nur. 2015. Studi Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPA Terpadu (Biologi) di MTs Al-Fata Desa Pasir Agung Kecamatan bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Fakultas Keguruan Ilmu Pendidkan Universitas Pasir Pengairan

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

Datik, Ngadiman. 2013. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Jupe UNS, Vol 1, No 1

Jakarta: Rineka Cipta

Joni. 2015. Hubungan Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar TerhadapPrestasi Belajar Bidang Studi Sejarah Siswa Sma Negeri 3 Lumajang. JPPI ( Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS), Vol 9, No 2 (2015) 1198-1209

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfa Beta

Sanjaya, Wina.2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendididkan. Jakarta: Kencana Perdana Media

Umar. 2013. MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Media Pendidikan, Vol 10

Yusron, Muhammad. 2013. Pengaruh Cara Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Keompetensi Dasar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Al-Irsyad Peklaongan tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journa, Vol: 2 No: 2,