PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU, MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VI GUGUS VI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SENDANG TULUNGAGUNG

Fitria Setia Falentina


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/insp.v16i1.1052

Abstract


Kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan kegiatan pendidikan yang bertujuan menciptakan peserta didik yang memiliki kwalitas diri yang baik.Pendidikan dalam hal ini sekolah tidak dapat lepas dari peran guru sebagai fasilitator dalam penyampaian materi, motivasi dari lingkungan peserta didik dan fasilitas yang ada di lingkungan sekolah itu sendiri yang dapat mempengaruhi prestasi peserta didik.Berdasarkan data hasil observasi pada penelitian disimpulkan bahwa kondisi kompetensi pedagogik, motivasi belajar siswa dan sarana prasarana pendidikan di sekolah serta prestasi belajar IPS pada kelas VI Gugus VI Sekolah Dasar di Kecamatan Sendang Tulungagung yang terdiri dari 6 lembaga Sekolah Dasar yang berjumlah 75 siswa yaitu baik. Dengan menggunakan uji regresi linier berganda didaptkan hasil variabel kompetensi pedagogik guru (X1),  motivasi belajar (X2) dan sarana prasarana pendidikan di sekolah (X3) mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y) IPS siswa Sekolah Dasar Kelas VI Gugus VI di Kecamatan Sendang Tulungagung. Adapun dari ketiga variabel (X1, X2, dan X3) yang paling dominan dalam mempengaruhi prestasi belajar IPS adalah variabel Motivasi belajar (X2) dengan pengaruh 64,2% lebih besar daripada pengaruh kompetensi pedagogik guru sebesar 62%  (X1) dan pengaruh sarana prasana pendidikan (X3) hanya 48,9 % dalam mempengaruhi prestasi belajar IPS.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta

Futikha Ulfa, Alif.2015. Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan Terhadap MinatBaca Literatur Ekonomi dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakenan Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Negeri Semarang.

Hamalik,Oemar.2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfa Beta

Sugiono.2011.Statistika Untuk Penelitian.

Bandung:Alfabeta.


Article Metrics :

Abstract view : 44 times
PDF View : 29 times