PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ALQUR’AN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI

Salmiyani Azki, Khairuna Khairuna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi pada materi sistem pencernaan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Qur’an yang digunakan dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan sikap keislaman bersamaan dengan pemahaman hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an presentase kevalidan materi aspek kelayakan isi mendapatkan nilai 92.5%, sedangkan aspek kelayakan penyajian 93.7%, dan aspek kelayakan bahasa berdasarkan BSNP 87.5%. Validasi modul oleh ahli media pada materi sistem pencernaan menunjukkan skor yang diperoleh melalui ukuran modul sebesar 75% dan desain memiliki skor sebesar 89%. Hasil validasi oleh ahli integrasi mendapatkan skor 90%. Modul ini diharapkan memudahkan guru dalam proses pembelajaran biologi, memberikan pengalaman untuk siswa belajar secara mandiri, serta meningkatkan pengetahuan siswa baik dari segi pengetahuan sains maupun pengetahuan agama.

Keywords


Modul; Sistem Pencernaan Manusia; Integrasi Nilai Al-Qur’an

References


Ahmad, M., Minarno, E. B., & Suyono, S. (2020). Kunci Tadabbur dan Integrasi AlQur’an dalam Pembelajaran Biologi. BIOEDUCA: Journal of Biology Education, 2(2), 101-114.

Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., & Festiyed, F. (2019). The Impac of Statistic Fluid E Module by Integrating STEM on Learning Outcomes of Student. Journal of Education Technology, 6(1), 110-118.

Dewi, R. R. (2024). Pengembangan E Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung: Tadris Biologi.

Fadhila, N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Konsep Sistem Pencernaan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Pendidikan Biologi.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hils: Dept. Of Physics, Indiana University.

Harahap, A. (2018). Integrasi AlQur’an dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains Pada Tingkat Sekolah di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis AlQur’an. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 21-46.

Larasati, A. D., Lepiyanto., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengemnbangan E Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Lubis, S. A., Tambunan, E. P. S., & Khairuna. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Materi Sistem Pencernaan Manusia Terintegrasi Ayat-Ayat Al Qur’an Kelas XI SMA. Jurnal Bioshell, 13(2), 99-110. Doi: 10.56013/bio.v13i2.3347

Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. Malang: Ahli Media Press.

Oktavia, M., & Teja Prasasty, A. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra, 1(1). https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Pasaribu, P. A., Adlini, M. N. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Genetika. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 7(1), 254-269 Doi:10.31539/bioedusains.v7i1.10594

Rahmayani, S., Mahsul, A., & Sholehah., N. (2022) Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Manusia dengan Mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an. Jurnal Eksakta Pendidikan: JEP. 6(1), 69-76 Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/647

Shofa, M., Nailufa, L. E., & Haqiqi, A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi AlQur’an dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 801-90.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan. PT. Raja Grafindo Persada.

Tanjung, I. F. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Triyeni, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi Pengayaan Terintegrasi Nilai-Nilai Al-Qur‘an Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas XI SMA Kota Pekan Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Islam Riau: Pendidikan Biologi.

Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147–156.

Walyafi, D., Putra, F. E., Jeniver., & Ardi (2023). Integrasi Islam Dan Sains Pada Teori Sistem Pencernaan Manusia: Meta Analisis. Al-Alam : Islamic Natural Science Education Journal. 2(2), 74-79.

Yaqin, M. A., Astuti, E. W., Anggraini, C. E. A., & Hidayatullah, A. F. (2020). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 78-83.

Yunita, N. M., Maridi., & Prayitno, B.A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Terintegrasi Islam Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Islami Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kartasura. Jurnal Biology Education Conference, Vol.16(1), 94.




DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.8578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.