PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI ALQUR’AN PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SISWA KELAS XI

Salmiyani Azki
Khairuna Khairuna


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.8578

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran biologi pada materi sistem pencernaan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Qur’an yang digunakan dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan sikap keislaman bersamaan dengan pemahaman hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4D. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran biologi terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an presentase kevalidan materi aspek kelayakan isi mendapatkan nilai 92.5%, sedangkan aspek kelayakan penyajian 93.7%, dan aspek kelayakan bahasa berdasarkan BSNP 87.5%. Validasi modul oleh ahli media pada materi sistem pencernaan menunjukkan skor yang diperoleh melalui ukuran modul sebesar 75% dan desain memiliki skor sebesar 89%. Hasil validasi oleh ahli integrasi mendapatkan skor 90%. Modul ini diharapkan memudahkan guru dalam proses pembelajaran biologi, memberikan pengalaman untuk siswa belajar secara mandiri, serta meningkatkan pengetahuan siswa baik dari segi pengetahuan sains maupun pengetahuan agama.

Keywords


Modul; Sistem Pencernaan Manusia; Integrasi Nilai Al-Qur’an

Article Metrics :

References


Ahmad, M., Minarno, E. B., & Suyono, S. (2020). Kunci Tadabbur dan Integrasi AlQur’an dalam Pembelajaran Biologi. BIOEDUCA: Journal of Biology Education, 2(2), 101-114.

Arikunto, S. (2015). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., & Festiyed, F. (2019). The Impac of Statistic Fluid E Module by Integrating STEM on Learning Outcomes of Student. Journal of Education Technology, 6(1), 110-118.

Dewi, R. R. (2024). Pengembangan E Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Pencernaan Sebagai Bahan Ajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung: Tadris Biologi.

Fadhila, N. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Konsep Sistem Pencernaan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Pendidikan Biologi.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hils: Dept. Of Physics, Indiana University.

Harahap, A. (2018). Integrasi AlQur’an dan Materi Pembelajaran Kurikulum Sains Pada Tingkat Sekolah di Indonesia: Langkah Menuju Kurikulum Sains Berbasis AlQur’an. Jurnal Penelitian Medan Agama, 9(1), 21-46.

Larasati, A. D., Lepiyanto., Sutanto, A., & Asih, T. (2020). Pengemnbangan E Modul Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Pada Materi Sistem Respirasi. Didaktika Biologi: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Lubis, S. A., Tambunan, E. P. S., & Khairuna. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Materi Sistem Pencernaan Manusia Terintegrasi Ayat-Ayat Al Qur’an Kelas XI SMA. Jurnal Bioshell, 13(2), 99-110. Doi: 10.56013/bio.v13i2.3347

Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. Malang: Ahli Media Press.

Oktavia, M., & Teja Prasasty, A. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra, 1(1). https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Pasaribu, P. A., Adlini, M. N. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Stem Pada Materi Genetika. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 7(1), 254-269 Doi:10.31539/bioedusains.v7i1.10594

Rahmayani, S., Mahsul, A., & Sholehah., N. (2022) Pengembangan Modul Sistem Pencernaan Manusia dengan Mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an. Jurnal Eksakta Pendidikan: JEP. 6(1), 69-76 Doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/647

Shofa, M., Nailufa, L. E., & Haqiqi, A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi AlQur’an dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 801-90.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan. PT. Raja Grafindo Persada.

Tanjung, I. F. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Triyeni, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi Pengayaan Terintegrasi Nilai-Nilai Al-Qur‘an Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Untuk Siswa Kelas XI SMA Kota Pekan Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Universitas Islam Riau: Pendidikan Biologi.

Ule, K. N., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 147–156.

Walyafi, D., Putra, F. E., Jeniver., & Ardi (2023). Integrasi Islam Dan Sains Pada Teori Sistem Pencernaan Manusia: Meta Analisis. Al-Alam : Islamic Natural Science Education Journal. 2(2), 74-79.

Yaqin, M. A., Astuti, E. W., Anggraini, C. E. A., & Hidayatullah, A. F. (2020). Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 78-83.

Yunita, N. M., Maridi., & Prayitno, B.A. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Terintegrasi Islam Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Islami Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Kartasura. Jurnal Biology Education Conference, Vol.16(1), 94.