PENGARUH PRBOLEM BASED LEARNING BERBASIS 4C TERHADAP KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Fajar Puji Hardono
Sri Yamtinah
Peduk Rintayati


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.8520

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran inovatif Problem Based Learning (PBL) berbasis 4C terhadap keterampilan mengomunikasikan ditinjau dari minat belajar peserta didik sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan metode analisisnya menggunakan varians dua jalur (ANOVA dua jalan). Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas V di Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Penentuan sekolah yang dijadikan penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang menjadi alat untuk memperoleh data terdiri dari lembar kerja tes keterampilan mengomunikasikan dan angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL berbasis 4C terhadap keterampilan mengomunikasikan peserta didik kelas V di Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/ 2025. Selain itu, minat belajar juga berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan mengomunikasikan pada peserta didik. Lebih dalam lagi, ternyata ada interaksi antara model pembelajaran PBL berbasis 4C dan minat belajar terhadap keterampilan mengomunikasikan.

Keywords


Problem Based Learning Berbasis 4C; Keterampilan Mengomunikasikan; Minat Belajar; Sekolah Dasar

Article Metrics :

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmadi, Hamid. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi. Tangerang : An1mage.

Daryanto & Karim, S., (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hong, Z., Xu, F., Wu, Y., Hu, H.H. and Dai, X.F. 2017. Progress of potato staple food research and industry development in China. Jurnal of Integrative Agriculture 16(12):2924-2932.

Jonaedy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

Lestari, I., & Wijaya, A. (2020). Psikologi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, D. J., Angelina, S. A., Rahma, S. C., & Mujazi, M. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. In Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (Vol. 5, No. 01).

Rustaman, N. Y., Sumarna, N., & Suryadarma, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Kurikulum 2013 dan Abad 21. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suja, I Wayan. (2020). Keterampilan Proses Sains. Yogyakarta: PT RajaGrafindo Persada

TA'DUNGAN, K. R. I. S. T. I. N. A. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas Vii. In Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series (Vol. 5, No. 2).