THE DEVELOPMENT OF A STEM-ORIENTED SCIENCE TEACHING AID PROTOTYPE THROUGH PROJECT-BASED LEARNING UTILIZING DIVERSE LOCAL RESOURCE MATERIALS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DIYogyakarta, I(01), 101–115.
Dewi, N. N., Nagifea, F. Y., & Herlia, N. F. (2023). Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika Terhadap Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Kompetensi 4C. 4, 267–275.
Hardianti, B. D., & Safitri, T. A. (2025). Pengaruh Pembelajaran Proyek Kolaborasi Berbasis Potensi Lokal pada Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah. 10, 678–688.
Hidayati, N., Mustofa, R. F., & Putra, R. R. (2021). Jurnal Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(3), 146–157.
Jahidin, J. (2019). Peningkatan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Menggunakan Strategi Kooperatif Stad. Belantika Pendidikan, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.47213/bp.v2i1.27
Krueger, R. F., & Kling, K. C. (2004). Self-report. Encyclopedia of Psychology, Vol. 7., 220–224. https://doi.org/10.1037/10522-098
Kurniawati, D. (2024). Implementasi Literasi Sains dalam Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Alamiah Dasar Mahasiswa STAI Islamic Centre Demak. 4(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v4i5.1302
Musa’ad, F., Ahmad, R. E., Sundari, S., & Hidayani, H. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1481–1487. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3361
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Rahmadi, S.Ag., M. P. . (2011). Pengantar Metodologi Penelitiaan. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Rahmat sinaga, B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Dengan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Kode: Jurnal Bahasa, 7(1), 79–88. https://doi.org/10.24114/kjb.v7i1.10113
Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 149. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914
Ramadhana, S. D., Norra, B. I., & Rasyida, N. (2022). KEEFEKTIFAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PjBL-STEAM PADA MATERI LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 75–81. https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p75-81
Rivai, H. P., & Yuliati, L. (2018). Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA. 1080–1088.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068
Yam, J. H. (2022). Refleksi Penelitian Metode Campuran (Mixed Method). Jurnal Empire, 2(2), 126–134.