VALIDITAS SUPLEMEN BAHAN AJAR MATERI PHYS-FLUIDS DALAM MELATIHKAN KETERAMPILAN ANALITIS MAHASISWA

Rahyu Setiani
Rohmatus Syafi’ah
Aldila Wanda Nugraha
Fajar Hendro Utomo
Dwikoranto Dwikoranto


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.8398

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa fisika kerap dianggap sulit oleh mahasiswa karena memuat konsep konsep abstrak dan rumus matematika kompleks, termasuk materi fluida statis seperti prinsip Pascal, padahal pemahamannya sangat penting karena terkait fenomena nyata dan menuntut keterampilan berpikir analitis. Sumber belajar yang ada belum efektif melatihkan keterampilan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji validitas suplemen bahan ajar berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi fluida statis prinsip Pascal yang dirancang untuk melatihkan keterampilan analitis mahasiswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall yang dipadatkan menjadi lima tahap, dengan fokus pada uji validitas isi oleh tiga ahli. Instrumen validasi mencakup empat aspek: isi, konstruksi, bahasa, serta keterkaitan PjBL dan keterampilan analitis. Hasil validasi menunjukkan bahwa suplemen berada pada kategori sangat valid, dengan skor rata rata 4,67 (isi), 4,22 (konstruksi), 4,67 (bahasa), dan 4,67 (PjBL & keterampilan analitis). Temuan ini menegaskan bahwa suplemen layak digunakan sebagai sumber belajar kontekstual untuk memperkuat keterampilan berpikir analitis mahasiswa dalam pembelajaran fisika abad ke 21.

Keywords


fluida statis; keterampilan analitis; prinsip Pascal; Project Based Learning; suplemen bahan ajar

Article Metrics :

References


Eckardt, P. N., Craig, M., & Kraemer, L. (2020). The Impact of Project-Based Learning on Student Content Knowledge in an Undergraduate, Teacher Preparation, Foundations of Education Course. Jounal of Leadership and Instruction, 19(1), 38-42. doi:doi:https://eric.ed.gov/?id=EJ1255862

Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMA/ MA. Jurnal Inkuiri, 7(1), 81-92. doi:https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792

Anderson, L. D. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Anggraeni, I., Faizah, & Septian, D. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 2(2), 86-96. doi:https://doi.org/10.52188/jpfs.v2i2.74

Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA CALON GURU IPA DALAM PERKULIAHAN BIOLOGI UMUM. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 66-70. doi:https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. United States of America: ASCD.

Can, I. &. (2022). Training primary school science teachers to be conscious of scientific creativity. Kastamonu Eğitim Dergisi, 30(3), 657–668. doi:https://doi.org/10.24106/kefdergi-2021-0007

Darfler, M. &. (2022). A synthetic review of evaluation expectation and its effects on creativity. Thinking Skills and Creativity, 46(101111), 46. doi:https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101111

El-sehrawy, M. G. (2020). Developing and validating an instrument for evaluating research protocols. IOSR Journal of Nursing and Health Science (IOSR-JNHS, 9(4), 10-17. doi:https://doi.org/10.9790/1959-0904011017

Ernaningsih, D. S. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif siswa di SMP Negeri 1 Maumere. Jurnal BIOS, 4(1), 34–41. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8473

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 169 -178. doi:https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Huda, T., Malik, A., Erlinawati, N. A., & Perceka, A. L. (2024). Implementing Project-Based Learning to Enhance Critical Thinking Skills in High School Students. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 3(2), 725-730. doi:http://dx.doi.org/10.55299/ijere.v3i2.1081

Ihsan. (2020). ANALISIS DESKRIPTIF KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS MAHASISWA CALON GURU EKONOMI PADA PERKULIAHAN PENGANTAR AKUNTANSI SATU. MEDIA BINA ILMIAH, 14(12), 3613-3618. Retrieved from http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI

Malawati, R. S. (2016). Peningkatan keterampilan proses sains mahasiswa dengan model project based learning berbasis pelatihan dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 58-63.

Masrur, H., Corebima, A. D., & Ghofur, A. (2017). PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN MUTASI GEN PADA MATAKULIAH GENETIKA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1160—1167. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Masuwai, A. Z. (2024). Evaluation of content validity and face validity of secondary school Islamic education teacher self-assessment instrument. Cogent Education, 11(1), 1-10. doi:https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2308410

Nursiwan, W. A. (2023). Relationship between level of scientific creativity and scientific attitudes among prospective chemistry teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(1), 174-188. doi:https://doi.org/10.11591/ijere.v12i1.22852

Parta, I. N. (2017). Model Pembelajaran Inkuiri. Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Pratama, M. I., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Pariwisata pada Materi Potensi Ekowisata di Kawasan Teluk Tomini. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 13(1), 31-48. doi:https://doi.org/10.30739/darussalam.v13i1.1286

Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic, 4(1), 77-90. doi:https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254

Roebianto, A. S. (2023). Content validity: Definition and procedure of content validation in psychological research. TPM, 30(1), 5–13. doi:https://doi.org/10.4473/TPM30.1.1

Setiani, R., Widiasih, Suparti, Dwikoranto, & Bergsma, L. N. (2025). Analysis of Student Creativity Assessment Instruments: Supporting SDGsand MBKM in Higher Education. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 6(1), 206-2017. doi:https://doi.org/10.46245/ijorer.v6i1.746

Syafriani, D., Darmana , A., Syuhada, F. A., Sari, D. P., & Amdayani, S. (2023). EFEKTIVITAS BAHAN AJAR IBM SPSS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERDASARKAN KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) PADA MATERI UJI BEDA. Jurnal Sekolah, 8(1), 47 - 53. doi:http://dx.doi.org/10.24114/js.v8i1.53126

Syaiful, I. A. (2020). Adapting and examining the factor structure of the Self-Compassion Scale in Indonesian version. Jurnal Psikologi, 47(3), 175–205. doi:https://doi.org/10.22146/jpsi.57608

Vecchiato, S. (2022). Clear, easy, plain, and simple as keywords for text