PENGARUH MODEL PjBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aliyah, A., Nuryadin, B. W., & Ramdhani, M. A. (2023). Analisis Perspektif Peserta Didik terhadap Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Belajar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6, 1402–1406.
Ardianik and Zainal (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Cerita Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Dr.Soetomo Surabaya. SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 1(1), pp. 1–8.
Amiza, S. D., Syofyan, R., & Padang, U. N. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Siswa Semasa Pandemi Covid-19. 02(1), 191–204.
Apidra, V., & Pramita, A. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi lingkaran. 3(1), 224–231.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Budi Lestari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. 13, 92–102.
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44226
Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 4(2), 44–62.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Febrila, L.G. et al. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), pp. 209–217.
Fikri, S. H., Raman, W., Rangga, W., & Laila, E. (2023). Urgensi pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi : analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter Pendahuluan. 01(01), 45–56.
Ghazali, I. (2009). Metode Penelitian. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah B.Uno. (2007). Model Pembelajaran.
Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. 07(April), 44–54.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assessment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Isjoni. (2012). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Berkelompok. Pustaka Pelajar.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Lamatenggo, nina. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar. Paradigma Penelitian, 85–94.
Maharani, N. K., & Putri, A. A. (2011). Analisis kemandirian belajar era pandemi covid-19 peserta didik sd negeri 27 pontianak utara.
Mulia Sinta. (2022). Jurnal Phi Penerapan Model Pembelajaran Project Based. 3(3), 24–28.
Mulyana. (2014). Buku Panduan Penulisan Skripsi. FKIP UNPAS
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pediaq: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719.
Nur Fatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546–551.
Nurfitriyana, M. (2016). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Formatif, 6(2), pp. 149-160.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Rais, M. (2010). Project based learning: Inovasi pembelajaran yang berorientasi soft skills. Makanan disajikan sebagai Makalah Pendamping dalam Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya tahun 2010. Unesa.
Robbyanto, G., & Harman, S. (2017). pemecahan masalah matematika tik untuk PGSD. PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. (2021). Model-model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.
Santoso, P. (2017). Penggunaan model pembelajaran project based learning (pbl) sebagai upaya peningkatan hasil belajar ekonomi. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis UNS, 3(1), 1–7.
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Dep.Pendidikan Matematika.
Sudjana. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Pt Remaja Rosdakarya.
Sugeng. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suprananto, K. (2016). Pengukuran dan penilaian pendidikan. Graha Ilmu.
Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. AR-Ruzz Media.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281