PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANG BERBASIS RISET KEANEKARGAMAN KUPU-KUPU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI UNIMED

Nurul Fadhliyah
Ashar Hasairin
Fauziyah Harahap


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i2.7742

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan lapang berbasis riset kenanekaragaman kupu-kupu untuk meningkatkan hasil belajar Mahasiswa biologi Universitas Negeri Medan. Desain penelitian ini akan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation and Evaluation). Buku yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku tambahan suplemen untuk matakuliah entomologi berbasis riset dengan spesifikasi isi mengenai serangga yaitu kupu- kupu di Desa Sulkam Kecamatan Kutambaru Langkat, dan di daerah perkotaan Medan. Data penelitian diperoleh dari angket validasi serta hasil tes untuk melihat peningkatan hasil belajar Mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi oleh tim ahli materi, skor rata-rata kelayakan isi Buku Mengenal Kupu-Kupu (Lepidoptera:Rhopalocera) di Taman Kota Medan dan Desa Sulkam adalah 96,34% (Sangat baik). Skor rata-rata kelayakan desain pembelajaran yang diperoleh dari ahli desain pembelajaran adalah 97,22% (Sangat baik). Skor rata-rata kelayakan desain layout yang diperoleh dariahli desain layout adalah 89,86% (Sangat baik). Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa. Ketercapaian hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan dengan buku yang dikembangkan lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diajarkan dengan buku yang dikembangkan.

Keywords


pengembangan buku lapang; keanekaragaman; kupu-kupu; hasil belajar

Article Metrics :

References


Abuhassna, H., Alnawajha, S., Awae, F., Mohamed Adnan, M. A. Bin, & Edwards, B. I. (2024). Synthesizing technology integration within the Addie model for instructional design: A comprehensive systematic literature review. Journal of Autonomous Intelligence, 7(5), 1546. https://doi.org/10.32629/jai.v7i5.1546

Alsalhi, N. R., Al-Qatawneh, S., Eltahir, Mohd., Althunibat, F., & Aljarrah, K. (2020). The role of academic electronic books in undergraduate students’ achievement in higher education. Heliyon, 6(11), e05550. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05550

Bergmark, U. (2023). Teachers’ professional learning when building a research-based education: context-specific, collaborative and teacher-driven professional development. Professional Development in Education, 49(2), 210–224. https://doi.org/10.1080/19415257.2020.1827011

Comay, O., Ben Yehuda, O., Schwartz-Tzachor, R., Benyamini, D., Pe’er, I., Ktalav, I., & Pe’er, G. (2021). Environmental controls on butterfly occurrence and species richness in Israel: The importance of temperature over rainfall. Ecology and Evolution, 11(17), 12035–12050. https://doi.org/10.1002/ece3.7969

Cresswell, Jhon. W. (2012). Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Pearson Education.

Dahl-Leonard, K., Hall, C., & Peacott, D. (2024). A meta-analysis of technology-delivered literacy instruction for elementary students. Educational Technology Research and Development, 72(3), 1507–1538. https://doi.org/10.1007/s11423-024-10354-0

Febriana, R., Premono, A., & Iriani, T. (2018). Industrial assessment to technical and employability skills students based on KKNI (in Jakarta Region). Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(3), 340. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i3.16599

Haqque, A., Hasbiyati, H., & Afandi, B. (2023). PENGARUH MULTIMEDIA BUKU DIGITAL MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(2), 234–241. https://doi.org/10.29100/.v5i2.4097

Hidaya, Z. Y. P., Laily, I. F., & Ummah, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 144–156. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i2.13058

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. Wijaya & Amiruddin, Eds.; 1st ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Juliyanti, H., Hendriyani, M. E., & Mahrawi. (2022). Development Of A Website Based On A Contextual Approach As A Biology Learning Media On The Subconcept Of The Human Sensory System. Indonesian Journal of Biology Education, 5(1). https://doi.org/10.31002/ijobe.v5i1.6112

Koh, L. P. (2007). Importance of protected areas for butterfly conservation in a tropical urban landscape. Biodiversity and Human Livelihoods in Protected Areas, 14(6), 95–110. https://doi.org/10.1017/CBO9780511542169.007

Kurniasih, I., Sani, B., & Adi, J. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Kata Pena.

Kurniawan, B., Apriani, R. R., & Cahayu, S. (2020). Keanekaragaman Spesies Kupu-Kupu (Lepidoptera) pada Habitat Eko-wisata Taman Bunga Merangin Garden Bangko Jambi. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 3(1), 1. https://doi.org/10.21580/ah.v3i1.6064

Mamangkay, D. S., Baideng, E., & Pontororing, H. (2022). Keanekaragaman Serangga Penyerbuk pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum. L) di Desa Liberia, Modayag, Bolaang Mongondow Timur. JOURNAL of Biotechnology and Conservation in WALLACEA, 02, 29–38. https://doi.org/10.35799/jbcw.v2i1.42225

Mawarti, M., Sari, M. M., & Sauqina, S. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(3), 1166–1175. https://doi.org/10.29100/.v6i3.4672

Mogan, Y., Koneri, R., & Baideng, E. (2018). Keanekaragaman Kupu-kupu (Lepidoptera) di Kampus Universitas Sam Ratulangi, Manado (Diversity of Butterfly (Lepidoptera) in Campus of Sam Ratulangi University, Manado). JURNAL BIOS LOGOS, 8(2), 59. https://doi.org/10.35799/jbl.8.2.2018.23357

Nurul Azizah, N., Alif Sagita, K., Permas Hikmatunnisa, N., Thursina, A., Nurmalia Putri, D., Sri Handayani, K., Afiyah, W., Sapira, N., & Nurfauzi, D. (2024). Analisis Efektivitas Buku Ajar Guru dan Siswa pada Materi Makhluk Hidup dan Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 246–259. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jppi.v1i2.407

Peggie, D. (2014). Mengenal Kupu-Kupu. Pandu Aksara Publishing.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif : Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan (D. Wijaya, Ed.; 5th ed.). Diva Press.

Randler, C. (2008). Teaching Species Identification – A Prerequisite for Learning Biodiversity and Understanding Ecology. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 4(3), 223–231. https://doi.org/10.12973/ejmste/75344

Rettig, A., & Schiefele, U. (2023). Relations Between Reading Motivation and Reading Efficiency—Evidence From a Longitudinal Eye‐Tracking Study. Reading Research Quarterly, 58(4), 685–709. https://doi.org/10.1002/rrq.502

Scott, D. B., & Dreher, M. J. (2022). Helping Students “Do School”: Examining the Impact of Understanding Text Organization on Student Navigation and Comprehension of Textbook Content. Reading Psychology, 43(1), 1–39. https://doi.org/10.1080/02702711.2021.1939819

Sihombing, M. H., Karim Batubara, A., & Abidin, S. (2024). Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Terhadap Mahasiswa Universitas Efarina Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(23), 411–418. https://doi.org/10.5281/zenodo.14564470

Sitompul, A. F., Siregar, E. H., Ritonga, Y., Dahelmi, D., & Roesma, D. I. (2017). IDENTIFIKASI SERANGGA PENYERBUK PADA PERTANAMAN KOPI (Coffea arabica L.) DI KABUPATEN DAIRI, SUMATERA UTARA. JURNAL BIOSAINS, 3(2), 90. https://doi.org/10.24114/jbio.v3i2.7537

Sonia, S., Jamilah, Y. M., Azzahra, A. N. A., Anissa, R. K., & Rahayu, D. A. (2022). Keanekaragaman dan kelimpahan kupu-kupu (Lepidoptera) di Lapangan Watu Gajah Tuban. Jurnal Biologi Udayana, 26(2), 224. https://doi.org/10.24843/JBIOUNUD.2022.v26.i02.p08

Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information, 13(9), 402. https://doi.org/10.3390/info13090402

Sri Estalita, R. (2012). Kelimpahan dan Keanekaragaman Spesies Kupu-Kupu (Lepidoptera; Rhopalocera) Pada Berbagai Tipe Habitat di Hutan Kota Muhammad Sabki Kota Jambi. Biospecies, 5(2). https://doi.org/10.22437/biospecies.v5i2.645

Tobo, T. S., Pollo, H. N., & Tasirin, J. S. (2023). Kupu-kupu sebagai Bioindikator Kesehatan Ekosistem di Hutan Tampusu, Areal Pertanian sekitarnya dan Areal Wisata Danau Linow. Silvarum, 3(3), 154–162. https://doi.org/10.35791/sil.v3i3.53946

Yuliatin, Y., Suprijono, A., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan Buku Ajar Pendamping Berbasis Budaya Lokal Tradisi Manganan untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Basicedu, 5, 8897–8908. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3970

Zainurrahman, Z., Yusuf, F. N., & Sukyadi, D. (2024). Text readability: its impact on reading comprehension and reading time. Journal of Education and Learning (EduLearn), 18(4), 1422–1432. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i4.21724