PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU TUBUHKU

Maulidia Esa Abdika Fujiati
Annisa Novianti Taufik
Lulu Tunjung Biru


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7571

Abstract


Rendahnya minat belajar merupakan hal yang perlu diperhatikan, salah satu penyebab rendahnya minat belajar dari faktor eksternal yaitu media pembelajaran yang kurang interaktif dan menyenangkan bagi siswa, berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality berbasis Assemblr Edu terhadap minat belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 34 pada masing-masing kelas dengan jumlah kelas yang digunakan 2 kelas. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data angket minat belajar siswa, angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test dengan nilai signifikasi pada kelas eksperimen 0,000 maka <0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada media Assemblr Edu terhadap minat belajar siswa.

Keywords


Augmented reality; Assemblr Edu; minat belajar

Article Metrics :

References


Achru, A. P. (2019). PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN. JURNAL IDAARAH, 3(2).

Ariani, N. D., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2834–2847. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5990

Azizah, A., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 521–531. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604

Budiman, D., As’ari, R., & Ningsih, M. P. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis 3D Pada Kelas 10 pada mata pelajaran Geografi dengan capaian Akademik Siswa materi Atmosfer di SMAN 1 CIGUGUR. Edu Geography, 11(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo

BZ, Z., & Firdausyiyah, F. (2023). Model Pembelajaran Edutainment Melalui Media Gambar 3 Dimensi dalam Mengembangkan Konten Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Curahdami Bondowoso. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2785–2794. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.673

Cahyani, I. R. (2020). PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI 3D di SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 57. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2854

Chairudin, M., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Sofian Hadi, M., & Studi Pendidikan Profesi Guru, P. (2023). STUDI LITERATUR PEMANFAATAN APLIKASI ASSEMBLR EDU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA JENJANG SMP/MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12881

Faujiah, N., Septiani, S. N., Putri, T., & Setiawan, U. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media. JUTKEL: JURNAL TELEKOMUNIKASI, KENDALI DAN LISTRIK, 3(2).

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra, 5.

Ichsani, A. F., & Hizbullah. (2024). PENYEBAB RENDAHNYA MINAT PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR. JESE Journal of Elementary School Education, 1(1), 1–12.

Ilham, M. S., Yasa, I. K. M., & Artayasa, I. P. (2024). Penerapan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Tiga Dimensi (3D) Dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 11–17. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1820

Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Mutiara, E. A., Nisrina, A., Nadhirah, N. E., & Nengsih, N. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr EDU Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi ASEAN Kelas VI. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(3), 596–606. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri.

Isnaeni, N., & Sa’diyah, C. (2024). Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Sains dengan Earth Exploration: E-Modul Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr EDU. Prosiding Seminar Nasional IPA.

Masri, Dewi Surani, & Ade Fricticarani. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Assemblr Edu dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3). https://doi.org/10.30596/jppp.v4i3.16429

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 1(1), 128–135. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000

Oktaviani, T., Juhana, A., & Juhana, A. (2024). Penerapan Augmented Reality Pada Pembelajaran Biologi Tentang Sirkulasi Darah : Systematic Literature Review. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 12(1), 164. https://doi.org/10.26418/justin.v12i1.72287

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164

Ramadhanty, S., Oktrifianty, E., & Hasan, N. (2023). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA KELAS V SDN KALIDERES 06 PAGI. Jurnal Cahaya Mandalika, 3.

Reski, N. (2021). TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 11 KOTA SUNGAI PENUH. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 1(11).

Rohmatulloh, G., Siregar, N. F., Riandi, & Widodo, A. (2022). Inovasi Media Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Biologi (Technology-Based 3 Dimensional Learning Media Innovation in Biology Learning). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19114

Ruzaina, F., Haris, A., & Ernie. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Assemblr Edu terhadap Minat Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1012–1019.

Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2023). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa , 2(1), 175–185.

Sari, F. A. (2024). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM SISTEM PEMBELAJARAN. ENTINAS: Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 414–421.

Shakila, S., Taufik, A. N., & Nestiadi, A. (2024). Pengembangan E-Leaflet untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Tema Selamatkan Pernapasanku dari Asap Rokok. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(4), 1001–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i4.2071

Tabina, M. H. C., Mubarok, I. A., Sari, I. M., Nabela, Y. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Dalam Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD 03 Tergo. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2493–2502.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14