PENGARUH PENERAPAN KONSEP ECOPRENEURSHIP PADA MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS DALAM BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN IPA ULM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Abu, I., Marhawati, M., Alfira, A., Ananda, A., Amrullah, A., & Masiku, A. A. G. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirauasahaan dan Kreativitas terhadap Minat Berwirausaha dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Intervering pada Studi Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Busi ness and Accounting, 1(1), 22-33.
Afâ, N., Fitriyah, L. A., & Manasikana, O. A. (2021, September). Penerapan Ecopreneurship untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ipa Unhasy. In Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) (Vol. 5, No. 1).
Af'idah, N., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2022). Pelatihan Ecopreneurship untuk Menumbuhkan Minat Berwirausaha Siswa Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknsologi, Ekonomi, Pendidikan Dan Keagamaan (SAINSTEKΝΟΡΑΚ), 6(1), 1-6.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.
Ariani, L., Hermina, C., & Fikrie, F. (2023). Peningkatan Perilaku Prososial melalui Media: Studi Eksperimental. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3737-3744.
Astungkara, A., & Widayanti, R. (2020). Peran pendidikan kewirausahaan dan love of money terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(02).
Ayunda, R., Kasman, K., & Hamdanur, P. (2023). Pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Sahid Jakarta di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Economina, 2(6), 1165-1175.
Azzahra, F. Y., Astuti, S., & Murbaningrum, T. (2023). Konsep Kewirausahaan dalam Ekonomi Islam. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(5), 40-51.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2020. Berita Resmi Statistik, 40, 20.
Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar fisika berorientasi hots (higher order thinking skills) pada materi elastisitas dan hukum hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1 April), 41-50.
Dewi, D. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Bersama Komunitas Eco Enzyme Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(1), 67-76.
Ekawati, Y., Sunarno, W., & Cari, C. (2017). Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa SMK Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(3), 17-28.
Falah, F., Af’idah, N., Rochim, R. A., & Musfiroh, A. (2024). Penguatan Ecopreneurship untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Pelajar. Dinamis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 42-50.
Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28.
Hamsar, I. (2023). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jurnal MediaTIK, 1-8.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin psikologi, 27(2), 187-203.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun instrumen penelitian & uji validitas-reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Judijanto, L., Heryadi, D. Y., Sihombing, R. S. M., Gusti, Y. K., & Semmawi, R. (2024). Rekayasa Sosial Ekonomi: Peningkatan Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengembangan Ekonomi Lokal. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 223-229.
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2021). Efektivitas permainan zuper abase berbasis android sebagai media pembelajaran asam basa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 92-97.
Masjud, Y. I. (2020). Ecopreneurship as a solution to environmental problems Implications for university entrepreneurship education. Journal of Environmental Science and Sustainable Development, 3(1), 97-113.
Matondang, M. M., Rini, E. S., Putri, N. D., & Yolvianysah, F. (2021). Uji perbandingan motivasi belaajar siswa kelas XI MIPA 2 dan XII MIPA 2 di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. J. Sains dan Pendidik. Fis, 16(03), 218-227.
Maulidiyah, U., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Pencemaran Lingkungan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 115-124.
Mintardjo, C. M., Ogi, I. W., Kawung, G. M., & Raintung, M. C. (2020). Sejarah Teori Kewirausahaan: Dari Saudagar Sampai Ke Teknoprenur Startup. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.
Nisa, K. (2021). Analisa Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Jumlah Angkatan Kerja pada Kota Bekasi Menggunakan Metode Regresi Linear. Information Management For Educators And Professionals: Journal of Information Management, 5(2), 21-32.
Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2019, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Nurjanah, E., Ramadhan, G. M., Abidin, Z., & Bakhri, R. S. (2021). Pengembangan Sikap Ecopreneurship Pada Pembelajaran Ips Dengan Media Sistem Aquaponik Melalui Project Based Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(5), 795-803.
Pradifta, I., Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2023). Penerapan Pendekatan Ecopreneurship Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Pedagogi Biologi, 1(01), 35-44.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan aplikasi kuisioner survey berbasis web menggunakan skla Likert dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika, 5 (2), 128-137.
Puspitasari, N., & Hidayat, N. (2022). Ecopreneurship Berbasis Pengelolaan Sampah dan Penciptaan Nilai Tambah Ekonomi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(1), 1-8.
Puspitasari, W.D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77-90.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). AnalisisKemampuan Berpikir Kreatif: StudiEksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2),242–246.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education, 6(2), 10967-10975.
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Septiawati, R., & Puspitasari, M. (2023). Pengaruh Kepribadian, Ekspektasi Pendapatan, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(5), 2493-2506.
Simatupang, N. I., Maria, F., & Sormin, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Schoology Pada Smartphone Untuk Meningkatkan Minat Belajar Kimia Siswa SMA Pusaka 1 Jakarta. EKSAKTA, 5(2), 153-160.
Sitepu. (2019). Pengembangan Kreatifitas Siswa Penulis. Bogor: Guepedia Publisher.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Susiloningsih, W., Faizah, H., & Sugandi, E. (2022). Profil Berpikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SD Kelas 4. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 65-69.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).
Wahyuni, A., & Yusmaita, E. (2020). Perancangan instrumen tes literasi kimia pada materi asam dan basa kelas XI SMA/MA. Edukimia, 2(3), 106-111.
Wahyuni, E., & Fitriana, F. (2021). Implementasi model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 3(1).
Wardhani, P. S. N., & Nastiti, D. (2023). Implementasi pendidikan kewirausahaan dalam menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 177-191.
Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yohana, C. (2020). Factors influencing the development of entrepreneurship competency in vocational high school students: A case study. International Journal of Education and Practice, 8(4), 804–819. https://doi.org/10. 18488/journal.61.2020.84.804.819.
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17-25.