PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN CORRECT HANGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR

Afua Febrianti
Sekar Dwi Ardianti
Fitriyah Amaliyah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7525

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest sesudah dan sebelum penerapan model TGT berbantuan correct hanger terhadap pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Model pembelajaran TGT dirancang untuk meningkatkan keaktifan siswa. Sementara, media correct hanger bertujuan agar peserta didik memahami konsep dengan baik. Pendekatan dari penelitian ini yakni kuantitatif dengan desain one grup pretest-posttes. Subjek penelitian ini yakni semua siswa kelas IV SD 3 Menawan dengan jumlah 19 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi,wawancara, dan tes. Adapun teknik analisis pengumpulan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test. Penggunaan model pembelajaran TGT berbantuan correct hanger terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada uji paired sample T-test memperoleh nilai sig.(2-tailed) = <0,001 yang berarti <0,001 < 0,05 maka dapat diartikan H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata pretest dan posttest peserta didik. Berdasarka hasil penelitia ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaraan TGT berbantuan media correct hanger sangat efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas IV SD 3 Menawan.

Keywords


Pemahaman Konsep; TGT; Correct hanger

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Adi, N., Sulastri, S., Syahril, S., & Febrianti, S. (2023). Penyusunan assesmen projek penguatan profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. 8(3), 327–333.

Amaliyah, Fitriyah Nurunnaja, D., Putri, A. R. A., Hanifah, M. W. N., & Ihsan, A. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 101–113.

Amaliyah, F., Ariyanti, N., & Kironoratri, L. (2024). Vocabulary Mastery Through KAKI SI KOKA Media for Elementary School Students. 5(3), 1383–1397.

Amaliyah, F., Husna, A. A., & Ningsih, L. R. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif BARUBA Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Sekolah Dasar. 7, 11387–11392.

Amaliyah, F., Sari, I. K., Larasati, H. A., Prameswari, A., & Abid, A. Al. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Dalam Pembelajaran Ipas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdn 2 Kaliputu. 321–332.

Amelia, C., & Manurung, A. S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Audiovisual Powtoon terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4346–4355. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2848

Ardianti, S. D., Ulya, H., Ismaya. (2018). PAKEM dalam Kurikulum 2013. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Ardianti, S. D., Aryani, H. I., & Masfuah, S. (2024). Penerapan Model STAD Deangan Ekonquizz Siswa SD KKTP ( Kriteri Kecapaian Tujuan Pembelajaran ) yang ditentukan oleh pihak. 06(04), 982–996.

Ardianti, S. D., Rahmawati, D., & Masfuah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pop Up BOOK dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SD. 4(3), 172–182.

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Hastiwi, F., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas IV SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.75334

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/73

Inayah A.M, M., Lolotandung, R., & Irmawati M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.47178/elementary.v6i1.2056

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan.

Kurniati, A., Jannah, N., & Depi Fitraini. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments terhadap Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 157–168. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i2.5590

Lestari, T. P., & Kartinah, K. (2024). Penerapan Media Jemuran Gembira terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 14066–14074.

Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3.

Nurwulan, D. A., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantu Media Ethno-Puzzle terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. As-Sabiqun, 5(2), 431–440. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.2941

Ramadhani, N. L., Khamdun, & Ardianti, S. D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Monies Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 3 Padurenan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 415–426. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1412

Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAB KUANTITATIF (Setiyawami (ed.); 1st ed.). ALVABETA, cv.

Syafa’atun, & Nurlaela. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 430–436. https://doi.org/10.5281/zenodo.7180813