PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA POINRAYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS KELAS IV DI SD 3 GLAGAHWARU

Syafiq Nashan
Fina Fakhriyah
Siti Masfuah


DOI: https://doi.org/10.29100/.v7i3.7480

Abstract


Pemahaman konsep IPAS merupakan suatu bidang yang memerlukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan dan peningkatan pemahaman konsep IPAS. Sebagai penelitian kuantitatif pra-eksperimen, metode penelitian ini menggunakan One Group Pretest and Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD 3 Glagahwaru dengan subjek penelitian sebanyak 19 siswa kelas IV dengan menggunakan prosedur pengumpulan data berbasis tes, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Hₐ) diterima karena nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih rendah dari taraf signifikansi 0,05. Hasil uji N-Gain juga menunjukkan nilai sebesar 50% yang termasuk dalam kelompok sedang yaitu antara 0,30 sampai 0,70. Jadi, dapat dikatakan bahwa siswa kelas empat SD 3 Glagahwaru dapat memperoleh manfaat dari pendekatan Problem based learning Poinraya Media dalam memahami konsep IPAS. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Problem based learning memiliki dampak besar pada cara siswa memahami konsep sosial dan ilmu pengetahuan alam.

Keywords


Problem Based Learning; Poinraya; Pemahaman Konsep

Article Metrics :

References


Aini, A. N., Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2024). Pengembangan Media Jejak Petualangan Sains (JPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 719–728. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7204

Amaliyah, F., & Santoso, D. A. (2022). Sytematic Literatur Review : Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Melalui Problem Based Learning Berbantuan Modul. Prosiding Seminar Nasional Seminar Nasional Dies Natalis UMK Ke-42, 188–195.

Andhini, D. P., Wanabuliandari, S., & Purwaningrum, J. P. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self-Concept Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 879–891. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.352

Aryani, H. I., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2024). Penerapan Model Stad Dengan Media Ekonquizz Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SD. 06(04), 982–996.

Ejin, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 66. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Febriana, A., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Ular Tangga Tematik (Utatik) Terhadap Pemahaman Konsep Tema 8 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 175–187. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3144

Fitria, D., Bakhruddin, A., & Kudus, U. M. (2024). Pengaruh Permainan Rangking Satu berbantuan Powerpoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD The Influence of the Rank One Game Assisted by Interactive Powerpoint on Science Learning Outcomes in Class IV Elementary School. 4(2), 146–158.

Handayani, T. W. (2018). Improving The Understanding Of The Science Concept Using The Incredible Inquiry Learning Model In Sd Tut Wuri Handayani Sd Negeri 3 Pangkalpinang. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 6(2), 131–153.

Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.303

Indiyanti, C. E., & Ardianti, S. D., Masfuah, S. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Edutainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08 Nomor 0(September).

Kenniadi, K., Paryadi, P., & Ismawan, H. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Ekstrakurikuler Sma Negeri 8 Malinau. Borneo Physical Education Journal, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.30872/bpej.v2i1.580

Lestari, S., Masfuah, S., & Oktavianti, I. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Diorama Bulusan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 90–97.

Masfuah, S., & Pertiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues. Edukasi Journal, 10(2), 179–190. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2413

Mujibburrohman, A. (2023). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video pembelajaran terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SDN Tambahmulyo 01. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(3), 483–492. http://dx.doi.org/10.22460/collase.v6i3.17148

Nurul Azizah, H.L. Habiburrahman, M. T. (2024). Pengaruh Permainan Ular Tangga Modifikasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Di SD Islam Al-Fatih Gondang Tahun Ajaran 2023/2024. PENDIKSAR, 2(2), 68–73.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramadhani, N., Jannata Ulya, W., Berlian Nustradamus, S., Fakhriyah, F., Aditia Ismaya, E., Lkr Utara, J., Kulon, K., & Bae, K. (2023). Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif dan Konvensional pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1(5), 99–114. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1931

Rukmana, R. D., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Komponen Ekosistem Kelas X. BioEdu : Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(3), 621–633.

Septia, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Materi Lingkaran sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa …. Jurnal Studi Islam, 13(1), 87. https://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5009

Setyaningrum, W. N., Khamdun, & Masfuah, S. (2024). Penerapan Eduping Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1842

Simanjuntak, P. A., Simamora, R., & Tambunan, L. O. (2024). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 5259–5342.

Studi, P., Ilmu, P., & Alam, P. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Universitas Tidar. 6(1), 54–60.

Sumarni, S., Novita, N., & Riyadi, M. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Dalam Materi Pola Bilangan Selama Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 19–39. https://doi.org/10.31943/mathline.v7i1.241

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Geogebra dan pemahaman konsep. Prisma, 9(1), 108–117.

Wulandari, E. (2022). Power point hybrid learning. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 26–32.